LAM-Teknik Visitasi Re-akreditasi Program Studi Teknik Mesin

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (Unas) – Lembaga Akreditasi Mandiri Teknik (LAM-Teknik) visitasi re-akreditasi program studi (prodi) Teknik Mesin pada Jumat dan Sabtu (24-25/6). Proses reakreditasi dilakukan oleh asesor dengan melakukan asesmen lapangan guna crosscheck antara  isian borang  dengan bukti dukung yang disampaikan oleh prodi teknik mesin kepada LAM-Teknik.

Dalam asesmen lapangan ini, LAM-Teknik menugaskan dua asesor yaitu Prof. Dr. Ing. Mulyadi Bur dari Universitas Andalas (Unand), Padang dan Prof. Dr. Ir. Ahmad Syuhada, M.Sc. dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh. Acara yang berlangsung di Ruang Seminar selasar lantai 3 Universitas Nasional ini dihadiri oleh Dekan FTS Novi Azman, S.T., M.T., Ph.D., Wakil Dekan FTS Dr. Viktor Vekky R Repi, S.T., M.T. serta para dosen dan staf. 

Adapun aspek yang dinilai oleh LAM-Teknik meliputi sembilan kriteria diantaranya Pertama, visi, misi, tujuan dan strategi; Kedua, tata pamong,  tata kelola dan kerjasama; Ketiga, Mahasiswa; Keempat, sumber daya manusia; Kelima, keuangan, sarana dan prasarana; Keenam, pendidikan; Ketujuh, Penelitian; Kedelapan, Pengabdian kepada masyarakat; dan Kesembilan, luaran dan capaian tridharma.

Pada proses asesmen lapangan, terpantau kedua asesor memaparkan borang yang telah diisi oleh prodi teknik mesin dan menanyakan hal-hal yang perlu diklarifikasi terhadap bukti laporan di dalam borang. Sementara,  Ketua Program Studi Teknik Mesin Basori, S.T., M.T. beserta tim akreditasi menjawab pertanyaan yang diajukan dengan baik sekaligus menjawab langkah kedepan prodi teknik mesin terkait proses pembelajaran dan penelitian.

Pada hari kedua, kedua asesor melakukan kunjungan ke sejumlah fasilitas seperti kelas, pelayanan akademik, perpustakaan, ruang dekan dan program studi, sekretariat, hingga laboratorium. Setelah melakukan kunjungan, kegiatan dilanjutkan dengan mewawancarai dosen, alumni, dan mahasiswa.

Prof. Dr. Ing. Mulyadi Bur
Prof. Dr. Ing. Mulyadi Bur

Sebelum kegiatan re-akreditasi selesai, Prof. Dr. Ing. Mulyadi Bur menyampaikan apresiasinya kepada prodi teknik mesin yang telah berkembang dibandingkan lima tahun yang lalu. Tak lupa ia menyampaikan pesannya untuk terus menjaga kualitas dan mutu pembelajaran maupun penelitian yang sudah dituangkan didalam visi dan misi.

Novi Azman, S.T., M.T., Ph.D.
Novi Azman, S.T., M.T., Ph.D.

Sementara itu, Dekan FTS Novi Azman, S.T., M.T., Ph.D. bersyukur proses visitasi akreditasi prodi teknik mesin berjalan dengan lancar. Ia pun mencatat hal-hal penting yang disampaikan oleh para asesor dan berjanji untuk menindaklanjutinya. (*DMS)

Berita Terbaru
Chat with Us!