UNAS Lakukan Pengenalan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Secara Hybrid

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
UNAS Lakukan Pengenalan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Secara Hybrid

Jakarta (Unas) – Universitas Nasional kembali melaksanakan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru secara hybrid melalui Pengenalan Lingkungan & Budaya Akademik (PLBA) Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022. Acara yang diikuti oleh 462 orang mahasiswa/i baru ini dilaksanakan secara hybrid dengan 50 orang mahasiswa mengikuti secara onsite dan sebanyak 412 orang secara online.

Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M.
Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M.

“Kegiatan Pengenalan Lingkungan dan Budaya Akademik (PLBA) bagi Mahasiswa Baru Universitas Nasional Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 ini diikuti oleh 462 orang mahasiswa/i baru, dengan rincian 50 orang mahasiswa mengikuti secara onsite dan sebanyak 412 orang secara online,” ujar Ketua Panitia Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., dalam acara PLBA, di Gedung Auditorium Unas, Kamis (10/3).

Dalam acara ini, terdapat enam materi yang disampaikan yang dibagi kedalam dua sesi yaitu Akademik oleh Dosen Fakultas Teknik dan Sains Unas Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., materi Keunasan yang disampaikan oleh Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unas Dr. Rahayu Lestari, S.E., M.M., Hak dan Kewajiban Kemahasiswaan yang disampaikan oleh Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Unas Kamaruddin Salim, S.Sos., M.Si.

Materi berikutnya yaitu Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Biologi Unas Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si., Wawasan Kebangsaan, Bela Negara dan Radikalisme yang disampaikan oleh Sekretaris Magister Program Studi Ilmu Administrasi Publik Unas Dr. Zulmansyur, M.Si. dan Narkoba yang disampaikan oleh Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Unas Dr. dr. Andi Yulia Rifiana, M.Kes.

“Kami berharap agar semua peserta PLBA mengikuti secara sungguh-sungguh agar dapat memahami dengan baik semua materi yang disampaikan,” ungkap Suryono.

Kegiatan PLBA sendiri merupakan wahana atau tempat bagi pemimpin perguruan tinggi untuk memperkenalkan lingkungan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru demi mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa dewasa dan mandiri. 

Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. 
Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. 

Rektor Universitas Nasional Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A., menyatakan bahwa Kegiatan PLBA dilaksanakan dengan tujuan untuk menumbuhkan motivasi, kebanggaan terhadap almamater dan semangat belajar, serta meningkatkan kedisiplinan, kesadaran diri dan tanggung jawab sebagai mahasiswa Universitas Nasional.

El Amry pun menambahkan Unas telah menetapkan bahwa mulai Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 ini, proses pembelajaran dilaksanakan secara Blended Learning, di mana pembelajaran yang diselenggarakan 50% pertemuan tatap muka dan 50% perkuliahan online, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat serta mentaati seluruh peraturan yang telah ditetapkan pemerintah.

Pada kesempatan itu, Ia menyampaikan bahwa Unas juga telah menerapkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program MBKM merupakan program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

“Pemberlakuan kurikulum MBKM diharapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, serta menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Oleh karenanya dibutuhkan kreativitas dan inovasi para mahasiswa/i sesuai dengan potensi dan bakatnya masing-masing,” katanya.

Dalam acara ini juga dilangsungkan penyematan jaket almamater oleh Rektor Universitas Nasional Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. kepada perwakilan mahasiswa dari sembilan fakultas didampingi oleh pimpinan fakultas/Dekan. (*DMS)

Berita Terbaru
Chat with Us!