Kuliah Umum Penerjemahan, Prodi Sastra Inggris dan HPI Tandatangani MoU

Jakarta (UNAS)- Prodi Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional menggelar Kuliah Umum bersama Himpunan Penerjemah Indonesia pada Rabu (21/12). Kegiatan yang digelar di Exhibition Unas Lounge tersebut mengangkat tema “Profesi, Industri, dan Organisasi Penerjemah ”.

Dalam Sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Nasional Dr. Suryono Effendi, S.E., M.B.A. M.M., menyampaikan bahwa sejarah Fakultas Bahasa dan Sastra terutama Prodi Sastra inggris terkenal dengan bidang penerjemahnya. “Di fakultas sastra dulu terkenal sebagai penerjemah, ini barangkali ciri khas dari Fakultas Bahasa dan Sastra yang harus dipertahankan, adanya alumni bisa dikembangkan lagi potensi dan kompetensi sebagai penerjemah”, katanya.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara FBS dan HPI.

Ia melanjutkan, kegiatan Kuliah Umum dan juga Penandatanganan Nota Kesepahaman antara FBS dan HPI berharap bisa menjadi kegiatan sebagai MBKM Mandiri. “Prodi Sastra Inggris bisa berinovasi dan bersinergi bersama HPI untuk melakukan MBKM Mandiri, saya sangat menyambut baik kerjasama ini untuk mengevaluasi kurikulum di Prodi Sastra Inggris”, tambahnya

Sementara itu Ketua Himpunan Penerjemah Indonesia Indra Listyo, S.Pd, M.Hum menyampaikan kerjasama ini akan memberikan sertifikasi kemahiran. “Dalam kerjasama ini nanti akan ada sertifikasi yang menjelaskan kompetensi, ada uji kemahiran penerjemahan dan ini bagus sekali untuk calon lulusan Prodi Sastra Inggris. Memberikan pelatihan dan webinar yang berkaitan dengan penerjemah”,paparnya

Himpunan Penerjemah Indonesia, disingkat HPI adalah organisasi profesi bagi penerjemah dan juru bahasa di Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tanggal 5 Februari 1974 di Jakarta. Saat ini HPI telah resmi bergabung dalam anggota FIT (Fédération internationale des traducteurs, Federasi Penerjemah Internasional) dan pada tahun 2007 dan telah melaksanakan Forum Penerjemah Asia ke-5 FIT di Bogor.

Baca Juga :   Mahasiswa Magister Biologi Ajak Masyarakat Perangi Sampah Melalui Kaos Plastic Wars

Pada kesempatan yang sama, Ketua Prodi Sastra Inggris Siti Tuti Alawiyah S.S., M.Hum., berharap para dosen bisa mengembangkan dan memperluas skill menerjemahkan dan mahasiswa bisa termotivasi untuk menjadi penerjemah yang kompeten.

Kegiatan Kuliah Umum dan Penandatanganan MoU dihadiri oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra Dr. Somadi,M.Pd, Sekretaris HPI sekaligus pemateri Anna Wiksmadhara, Alumni Prodi Sastra Inggris UNAS yang tergabung dalam HPI Budiman dan para Dosen Prodi Sastra Inggris.(TIN)

 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!