HIMTI Kenalkan Pentingnya Data Visualisasi di Sektor Industri dan Bisnis

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (UNAS) – Dewasa ini diketahui bahwa perkembangan industri 4.0 begitu cepat dan tidak dapat dikontrol ditambah dengan suasa pandemi saat ini yang semua terpaksa serba digital. Termasuk dengan pengelolaan data sebuah perusahaan, data yang dimiliki oleh suatu perusahaan sangatlah besar dengan bentuk data yang terstruktur maupun tidak terstruktur.

Untuk mencapai tujuan dari berbagai industri, agar dapat melakukan analisa, maka diperlukan kapabilitas seorang Data Scientist maupun Data Analyst yang mempunyai skill sesuai dengan kebutuhan setiap industri di Indonesia. Himpunan Mahasiswa Informatika menggelar webinar dengan tema “Mengenal Pentingnya Data Visualisasi di Sektor Industri dan Bisnis, ” pada Senin (28/6).

Dalam materinya, Mustika Aprilianti Data Scientist Mekari PT. Mid Solusi Nusantara menjelaskan beberapa topik pembahasan seperti : apa itu visualisasi data, mengapa visualisasi data sangat penting, apa tujuan visualisasi data, manfaat implementasi visualisasi data dalam bisnis dan Bagaimana menerapkan visualisasi data yang dapat berdampak untuk bisnis.

Mustika menyampaikan bahwa  data visualisasi penting di sektor industri dan bisnis, “data visualisasi mungkin masih kurang familiar di masyarakat umum, tapi ini penting di sektor industri dan bisnis. Kenapa penting ? karena data visualisasi memudahkan kita mengolah data dari yang masih mentah menjadi sebuah data yang mudah dibaca seperti grafik dan lain-lain,”jelasnya dalam webinar.

Ia juga menambahkan data visualisasi merupakan langkah mudah untuk menemukan informasi yang penting,“ salah satu cara yang simpel untuk memperoleh informasi dan sight adalah dengan data visualisasi, data visualisasi itu merupakan the easiest way. Visualisasi yang tepat akan mempermudah audiens kita untuk melihat informasi dari data yang kita punya, “tambah Mustika.

Visualisasi data merupakan salah satu sektor penting dalam perusahaan untuk membuka pintu keberhasilan tim agar dapat keluar dari zona ketidakpastian pengolahan data. Dengan visualisasi data pula perusahaan dan tim akan lebih mudah untuk membuat keputusan. Tujuan dari visualisasi data ini juga untuk memungkinkan lebih banyak tim dan perusahaan secara non-teknis untuk mengidentifikasi hal-hal penting dalam bisnis seperti tren pasar dan tren produk. Visualisasi data juga akan lebih mudah dalam memberikan informasi tentang langkah apa yang harus diambil oleh salah satu divisi dalam suatu perusahaan yang mendukung dan dapat mempercepat tercapainya target perusahaan (re: data visualisasi).

Pada kesempatan yang sama, Guru Besar Fakultas Teknik Komunikasi dan Informatika Prof. Dr. Iskandar Fitri, ST., MT menyampaikan pentingnya menguasai data visualisasi dan berharap dalam kegiatan ini bisa bermanfaat bagi mahasiswa FTKI.

“Ini penting untuk tau tentang data visualisasi, saya harap dalam kegiatan ini banyak ilmu yang bisa dipelajari oleh mahasiswa FTKI,” tutupnya. (*TIN)

Berita Terbaru
Chat with Us!