KPS FH Unas Lakukan Kompetisi Peradilan Semu Dengan Tema Penegakan Hukum Dalam Pemberantasan Korupsi Hutan Nasional

Jakarta (Unas) Komunitas Peradilan Semu (KPS) Fakultas Hukum Universitas Nasional (Unas)  Lakukan Kompetisi Peradilan Semu tingkat internal atau Internal Moot Court Competition (IMCC) Piala Saskara Veda IV. Kegiatan ini mengangkat tema Penguatan Penegakan Hukum Dalam Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Demi Menjaga dan Melestarikan Hutan Nasional.

Moot Court atau Peradilan Semu yaitu salah satu kegiatan yang memfasilitasi mahasiswa fakultas hukum untuk berpraktik melakukan simulasi persidangan layaknya sebuah sidang yang nyata terjadi di Pengadilan Negeri. Moot Court Competition atau Kompetisi Peradilan Semu adalah sebuah perlombaan yang ditujukan bagi mahasiswa/i Fakultas Hukum untuk saling beradu argumentasi secara yuridis dan implementasi teori hukum secara praktik dalam sebuah sidang atau kasus posisi yang telah dipersiapkan sebelumnya,” ujar Ketua KPS Unas, Gilang Ramadhan saat ditemui di sela-sela kegiatan, di Ruang Sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (18/08/2023).

Gilang melanjutkan, Pemilihan bidang hukum pidana sebagai bidang kompetisi peradilan semu ini didasarkan pada kepedulian Komunitas Peradilan Semu untuk meningkatkan kemampuan keilmuan maupun kemampuan penelitian mahasiswa/i Fakultas Hukum Universitas Nasional dalam bidang Hukum Pidana serta menambah variasi bidang hukum kompetisi peradilan semu yang ada di Indonesia.

“Menjadi sarana pembelajaran dari segi hukum acara pidana dan hukum pidana materiil bagi para mahasiswa/i Hukum, memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i hukum untuk menjadi peserta kompetisi agar dapat mengembangkan kreativitas, mewujudkan silaturahmi dan komunikasi baik serta kesinambungan dalam lingkup internal antar mahasiswa dan memberikan semangat kepada mahasiswa/i sebagai poros generasi penerus keseimbangan kehidupan bangsa melalui penegakan hukum yang adil dan mandiri,” adalah tujuan dari IMCC SASKARA VEDA IV Ucap Liske Deprity Harimisa Ketua Pelaksana IMCC SASKARA VEDA IV.

Baca Juga :   PELATIHAN DAN SERTIFIKASI AHLI K3 UMUM

Liske melanjutkan, kompetisi ini diikuti oleh 4 delegasi yaitu Delegasi Rechtside, Conqueror Justice, Bhavana Adhyaksa Justicia dan Culpae Poena Par Esto. Satu Delegasi terdiri dari 16 mahasiswa yang terdiri dari tiga majelis hakim, satu panitera, satu juru sumpah, satu sipir, dua penuntut umum, dua penasihat hukum, terdakwa, serta saksi atau saksi ahli tergantung dari kasus posisinya.

Mengenai komponen penilaian dalam IMCC Saskara Veda IV meliputi kesesuaian dengan hukum formil, hukum materiil, dan kreativitas persidangan. Juri dalam kegiatan ini adalah para praktisi dan akademisi hukum yang juga dosen FH Unas yaitu Dr. Cand. Albert Tanjung, SH, MH, CLA, Deni Kristiawan, S.H. dan Yogi Karnadi, S.H., M.H.

 

Closing Ceremony IMCC Saskara Veda IV akan diselenggarakan di Aula Unas Blok I lantai IV  pada Senin (21/08/2023). Pada kegiatan ini akan diumumkan pemenang simulasi sidang mulai dari Winner hingga Runner Up III, pemenang akan mendapatkan hadiah berupa piala, e-sertifikat atas nama individu, serta sejumlah uang tunai. (SAF)

Bagikan :
Berita Terbaru
Pengumuman

Informasi Pengambilan KTM

  PENGUMUMAN Disampaikan Kepada Mahasiswa Angkatan 2022 Yang Masuk Pada Semester Ganjil Maupun Genap Dan Mahasiswa Angkatan 2023 Semester Ganjil.

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!