Kolaborasi P4M UNAS dan Kemendikbud, Hasilkan Program Mutu Sekolah Dasar.

Sukamara (UNAS) –Menjaga mutu pendidikan dalam kondisi pandemic Covid-19 ini jelas menjadi hal yang sangat penting, terlebih lagi untuk dipendidkan dasar. Untuk bisa mewujudkan itu semua, maka Kemendikbud Kabupaten Sukamara, Kalteng berkolaborasi dengan Pusat Pengkajian Politik dan Pengembangan Masyarakat  Universitas Nasional (P4M UNAS) mewujudkan Program Mutu Sekolah Dasar.

Kegiatan yang berlangsung di Kabupaten Sukamara pada 30 November 2020 dihadiri oleh para guru sekolah dasar , Direktur Sekolah Dasar Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd, dan Ketua P4M UNAS, Dr. Diana Fawzia, MA dengan media zoom. “Program ini dilakukan dalam bentuk kegiatan pendampingan psikososial dan penguatan implementasi modul pembelajaran yang telah dirancang Kemdikbud untuk membantu siswa SD belajar di masa Pandemi Covid-19. Dalam program ini Kemdikbud bekerja sama dengan beberapa lembaga penggiat pendidikan, termasuk P4M Universitas Nasional,” ujar Sri Wahyuningsih.

“Selama pandemi Covid-19 ini terdapat beberapa ekses yang kurang baik akibat siswa belajar dari rumah, seperti meningkatnya stress baik anak maupun orang tua, anak menjadi bosan dan akhirnya malas belajar, siswa kesulitan memahami materi, bahkan ada beberapa kasus kekerasan baik fisik maupun psikis terhadap anak-anak akibat ketidakmampuan orang tua dalam membimbing anaknya belajar di rumah. Melalui program ini diharapkan dapat mengejar mutu pendidikan tersebut, melalui penyampaian modul pembelajaran yang telah disediakan Kemdikbud dan juga kegiatan pendampingan psikososial,” ujar Diana Fawzia selaku Ketua P4M UNAS.

Adapun sasaran Sekolah Dasar dalam kegiatan di Kabupaten Sukamara ini yaitu, SD Negeri Padang 1, SD Negeri Pangkalan Muntai, Sd Negeri Mendawai 5, SD Negeri Kenawan 1, dan SD Negeri Sungai Damar 1. Kegiatan pendampingan rencananya akan dilakukan selama kurang lebih 1 bulan, dilakukan oleh fasilitator lokal para penggiat pendidikan di Kabupaten Sukamara.

Baca Juga :   Tingkatkan Silaturahmi dan Kinerja Dosen dan Karyawan, UNAS Gelar Halal Bihalal

Besar harapan pelaksaan program ini dapat berjalan dengan lancar dan mampu menikan mutu pendidikan, kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukamara, Drs. Chairuddin, M.AP . Hadir dalam kegiatan tersebut tim fasilitator P4M UNAS dipimpin oleh Nursatyo, M.Si, tim fasilitator lokal, serta lima kepala sekolah dasar yang menjadi sasaran program. (AAP)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!