Jelang KKL, Fakultas Pertanian Beri Pembekalan kepada Mahasiswa

KKL Pertanian Pembekalan Mahasiswa

Jakarta (Unas) – Fakultas Pertanian Universitas Nasional (Unas) beri pembekalan kepada mahasiswa sebelum melakukan Kuliah Kerja Lapang (KKL), Selasa (28/09). Kegiatan KKL tersebut akan di lakukan di Desa Tulusrejo, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur, pada 1 hingga 10 Oktober 2021. 

Ketua Panitia KKL, Ir. Wayan Rawiniwati, M.Si., menyebutkan, peserta KKL ini berjumlah 32 mahasiswa yang terdiri dari program kekhususan Agroteknologi dan Agribisnis. Materi pembekalan yang diberikan ialah ‘Peningkatan Produksi dan Produktivitas Tanaman Pangan dan Hortikultura dalam Menghadapi Persaingan Pasar Global’.

“Jadi dalam pembekalan ini mahasiswa dijelaskan mengenai agribisnis tanaman buah-buahan, pasca panen tanaman buah-buahan dan tanaman hias, metode penelitian survey, serta budidaya tanaman buah dan tanaman hias,” jelasnya saat di wawancarai oleh Humas Unas. 

Wayan melanjutkan, materi pembelakan diberikan untuk menambah pengetahuan mahasiswa sebelum terjun ke masyarakat. Keempat materi tersebut juga sesuai dengan komoditas yang ada di Desa Tulusrejo, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur

“Kegiatan KKL juga merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Fakultas Pertanian dengan bobot 3 SKS. Sebelumnya, seluruh mahasiswa diharuskan menyelesaikan 110 SKS untuk bisa mengambil mata kuliah KKL ini,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Wayan mengatakan, kegiatan KKL akan dilakukan dengan protokol kesehatan yang berlaku. Seluruh mahasiswa pun telah di vaksin sebagai salah satu persyaratan untuk berkunjung ke Desa Tulusrejo, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur

“Setelah kegiatan selesai, mahasiswa juga diharuskan membuat laporan yang akan dipresentasikan di seminar KKL. Saya harap kegiatan ini akan berlangsung dengan lancar, dan seluruh mahasiswa bisa mempraktikkan ilmu yang mereka peroleh di perkuliahan kepada masyarakat Desa Tulusrejo,” tambahnya. 

Dalam pembekalan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unas, Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., juga mengatakan, kegiatan KKL ini merupakan wadah mahasiswa untuk menambah pengetahuan selain teori yang diberikan di bangku kuliah. 

Baca Juga :   28 Stand Meriahkan Pameran Unas Entrepreneur Expo 2023

“Selain itu, KKL adalah kegiatan penting untuk membuktikkan teori di kelas dan yang ada di lapangan, sehingga mahasiswa memiliki gambaran ketika turun di dunia pekerjaan nantinya,” jelas Wakil Rektor dalam sambutannya.

Ia berharap, kegiatan KKL di Desa Tulusrejo, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur dapat memberikan pengalaman positif kepada mahasiswa. “Tak hanya pengalaman, tetapi juga bisa meningkatkan soft skill sesuai dengan kriteria yang perlukan dalam dunia kerja,” ucapnya. 

Dilakukan secara onsite di Ruang Seminar Blok 1 Lantai 3, turuthadir dalam kegiatan ini Wakil Dekan Fakultas Pertanian Ir. Farida, M.M. dan beberapa dosen Fakultas Pertanian. (NIS)

Berita Terbaru
PROMO-SNBT-UTBK-2024-(2)
Pengumuman

PROMO PESERTA UTBK-SNBT 2024

PROMO PESERTA UTBK-SNBT 2024 Pendaftaran Semester Ganjil Tahun Akademik 2024/2025 GRATIS BIAYA FORMULIR & BEBAS TES POTENSI AKADEMIK PROMO BERLANGSUNG

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!