Fakultas Pertanian Berkunjung ke Malaysia Jajaki Kerja Sama dengan UPM

Jakarta (Unas) – Fakultas Pertanian Universitas Nasional (Unas) berkunjung ke Malaysia pada 14-17 Januari 2020. Kunjungan tersebut terdiri dari penjajakan kerja sama antara Fakultas Pertanian Unas dengan Fakulti Perhutanan Universiti Putra Malaysia (UPM).

Dekan Fakultas Pertanian, Ir. Inkorena G.S. Sukartono, M.Agr. mengatakan, kerja sama tersebut akan diusung dalam bentuk akademik antara mahasiswa dan dosen kedua belah universitas. “Kita ingin adakan kolaborasi di bidang akademik. Para dosen dan juga mahasiswa bisa melakukan riset bersama, pertukaran mahasiswa, atau menulis artikel untuk di publish ke jurnal,” ujarnya saat ditemui di fakultas pertanian Unas, Selasa (21/01).

Dalam waktu dekat ini, tambahnya, fakultas pertanian UNAS dan fakulti perhutanan UPM akan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) sehingga kerja sama tersebut dapat segera berjalan. “Mudah-mudahan kerja sama ini bisa terwujud dengan aktivitas-aktivitas akademik dosen dan mahasiswa, ini bisa menjadi poin yang meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa,” tambahnya.

Kunjungan ke Negeri Jiran ini diikuti oleh 11 dosen dan 3 mahasiswa yang mempresentasikan hasil makalahnya di UPM. Selain membahas soal kerja sama, mereka juga mengadakan kegiatan joint scientific seminar, yakni seminar bersama antar fakultas pertanian UNAS dengan UPM.

“Selain urusan akademis, kami berharap kerja sama ini juga bisa mempererat silaturahmi diantara UNAS dengan UPM. Saya harap fakultas pertanian bisa menjadi jembatan fakultas lainnya bila ingin melakukan kerja sama di kancah global,” tutup Kartono.

Dengan mengusung kerja sama antar universitas di luar negeri, fakultas pertanian UNAS tengah berupaya memajukan  dosen dan mahasiswanya di kancah global. Sebelumnya, fakultas pertanian juga telah melakukan kerja sama dengan beberapa universitas dan pemerintah Jepang dalam bidang pertukaran mahasiswa diantaranya Nagasaki Institute of Applied Science dan Nagasaki University.(Rina)