Idul Adha 1444 H, Unas Laksanakan Shalat Ied dan Penyembelihan Hewan Qurban

Jakarta (UNAS) – Idul Adha merupakan salah satu hari raya besar umat Islam yang diperingati setiap tahun. Dalam rangka itu, Universitas Nasional (Unas) melaksanakan shalat Ied dan penyembelihan hewan qurban pada Kamis (29/6). Pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid Sutan Takdir Alisjahbana digelar dengan Khatib Dr. Aos Yuli Firdaus, S.I.P., M.Si.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Administrasi Umum Dr. Aos Yuli Firdaus, S.I.P., M.Si. sedang menjadi Khotib Sholat Iedul Adha Masjid Sutan Takdir Alisjahbana yang dihadiri warga dan karyawan di lingkungan Unas, Kamis 29 Juni 2023

Dalam ceramahnya, Aos mengajak dalam momentum ini untuk meneladani sikap Nabi Ibrahim yang harus mengorbankan putra kesayangannya Ismail AS atas perintah, Allah sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Selain itu, Ia juga mengajak umat untuk menafakuri momentum Idul Adha sebagai bagian dari riwayat peradaban Islam di masa lampau.

Usai pelaksanaan shalat Idul Adha dilakukan pemotongan hewan qurban yang diawali di Kampus Pusat Pejaten dengan dua sapi dan satu ekor kambing, dilanjutkan di Kampus Pusat Laboratorium Bambu Kuning dengan satu sapi dan Kampus Menara Ragunan dengan satu ekor sapi. Sehingga total Unas menyembelih empat ekor sapi dan satu kambing.

 “Alhamdulillah pada tahun ini, Unas menyembelih empat ekor sapi dan satu ekor kambing yang disebar ke tiga lokasi kampus Universitas Nasional,” ujar Ketua Pelaksana Shalat Idul Adha dan Pemotongan Hewan Qurban Universitas Nasional Mahruf, S.H., M.H. saat ditemui oleh tim Humas Unas, di Masjid Sutan Takdir Alisjahbana.

 Unas terus konsisten melakukan shalat Ied dan penyembelihan hewan qurban dan menyalurkannya ke warga sekitar. Dengan harapan, dapat memfasilitasi ibadah warga sekitar agar merasa nyaman dan khusyuk serta saling berbagi dimomentum Idul adha ini.

Sesi foto bersama panitia qurban Masjid Sutan Takdir Alisjahbana sebelum penyembelihan hewan qurban.

 Pada pelaksanaan shalat Ied kali ini turut juga dihadiri Rektor Unas Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. beserta keluarga. Dalam pelaksanaan shalat ied dan penyembelihan hewan qurban turut menggandeng mahasiswa/i dari Himpunan Mahasiswa Sutan Takdir Alisjahbana (Himasta) untuk diperbantukan untuk kelancaran acara.

Baca Juga :   FTS Gelar FGD Re-Orientasi Kurikulum Berbasis KKNI, OBE dan MBKM

 Adapun setelah penyembelihan, terdapat 400 paket daging yang siap disalurkan kepada warga sekitar kampus dan karyawan Unas. Pembagian hewan qurban dilakukan tepat pukul 13.00 hingga 15.30 WIB.

 Salah satu warga penerima daging qurban, Yatirah mengaku bersyukur mendapat daging qurban dari Unas. Ia pun berharap Unas dapat terus melaksanakan penyembelihan hewan qurban tiap tahunnya dan menyalurkannya ke warga sekitar. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!