HIMASI Kenalkan Bahasa Pemrograman Python Kepada Mahasiswa

JAKARTA – Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMASI) Universitas Nasional menyelenggarakan workshop flash framework Python, Jumat-Sabtu, (3-4/11). Bertempat di Laboratorium Jarkom UNAS, kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari program studi sistem informasi dan teknik informatika UNAS.            .

“Workshop ini lebih ke arah fundamental bahasa program Python. Memang sekarang ini Python menjadi kebutuhan para Information Technology (IT) di Indonesia khususnya mahasiswa IT,” ujar salah satu anggota HIMASI, Novindra Prasetyo.

Mengenai bahasa program Python, lanjut Novindra, merupakan bahasa program yang sedang terkenal di dunia IT dan banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan besar. Menurutnya, penting bagi para mahasiswa IT untuk belajar lebih dalam mengenai bahasa pemrograman khususnya Python agar mahasiswa dapat bersaing di dunia IT.

“Peserta lebih belajar dasar-dasarnya dulu, dan untuk kedepannya saya harap mahasiswa bisa menghasilkan output dengan membuat projek dari bahasa pemrograman,” tutur pria semester 5 program studi sistem informasi tersebut.

Dilansir dari Wikipedia, Python sendiri merupakan bahasa pemrograman yang multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Salah satu fitur yang tersedia pada Python adalah sebagai bahasa pemrograman dinamis yang dilengkapi dengan manajemen memori otomatis. Python juga digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak.

Kegiatan yang berlangsung pada pukul 08.00-15.00 WIB ini mendatangkan trainer yang kompeten dalam bidangnya, Akhmat Safrudin yang merupakan alumni dari Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) UNAS. Ia mengatakan bahwa penting bagi mahasiswa IT untuk mendalami skill pemrograman.

Skill mengenai IT saat ini sudah sangat diperlukan, terutama bagi perusahaan-perusahaan besar. Itu dapat menjadi modal utama bagi kalian mahasiswa IT untuk dapat meniti karir di luar sana. Saya harap kalian terus melatih skill kalian dalam bidang masing-masing,” imbuh Co-Founder dan CTO Artikulpi tersebut.

Ditemui usai acara, Rafi Syahputra selaku ketua pelaksana dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa HIMASI sendiri ingin mengenalkan dan mengajak para mahasiswa untuk lebih mengenal bahasa program Python yang akhir-akhir ini belum banyak diketahui.

“Dari kegiatan ini tentunya para peserta mendapatkan ilmu yang bermanfaat, sertifikat, dan teman-teman baru karena disini kita juga menjalin hubungan antara sesama mahasiswa FTKI,” ucap Rafi.

Pria yang hobi nonton film itu berharap, dengan diselenggarakannya workshop ini dapat membuat mahasiswa lebih mandiri dan mengenal bahasa pemrograman yang baru sehingga dapat memperoleh pengetahuan yang luas.