Tim Asesor BAN-PT Lakukan Visitasi Re-akreditasi Prodi Bahasa Korea

Jakarta (UNAS) – Program Studi Bahasa Korea Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Nasional (UNAS) terima kunjungan dari tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dalam rangka visitasi re-akreditasi, pada 2-3 Mei 2024.

Adapun tim Asesor BAN-PT tersebut ialah Yulie Neila Chandra, S.S., M.Hum. dari Universitas Darma Persada dan Elisa Christiana Budihartono, B.A., M.A., M.Pd. dari Universitas Kristen Petra. Kehadiran kedua Asesor tersebut disambut baik oleh Wakil Rektor beserta seluruh pimpinan dan dosen FBS UNAS.

“Kami mengucapkan selamat datang kepada kedua asesor dalam rangka visitasi re-akreditasi Prodi Bahasa Korea. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pengajuan borang akreditasi program studi yang akan dilakukan cross check oleh Asesor secara langsung,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni UNAS, Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., dalam sambutannya pada proses asesmen lapangan, Jumat (03/05). Ia melanjutkan, seluruh tim akreditasi siap untuk membantu para Asesor dalam meninjau dan mengonfirmasi bukti fisik data selama asesmen lapangan berlangsung. “Semoga kegiatan akreditasi ini bisa meningkatkan mutu pengelolaan akademik dan bisa memberikan hasil yang terbaik,” ucap Warek.

Sementara itu, Asesor Yulie Neila menuturkan bahwa Prodi Bahasa Korea di UNAS dapat menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa mengingat jumlah Prodi ini masih terbilang sedikit di Indonesia. “Oleh karena itu, kualitas dan mutu dari Prodi ini perlu ditingkatkan agar sejalan dengan minat calon mahasiswa yang begitu besar untuk melanjutkan pendidikan di Prodi Bahasa Korea,” ungkapnya. Di sisi lain, Asesor Elisa mengaku bahwa Ia melihat kemajuan yang begitu pesat di Prodi Bahasa Korea UNAS, jika dibandingkan dengan proses asesmen lapangan pada lima tahun silam. “Ini menunjukkan bahwa ada perkembangan yang signifikan di Prodi Bahasa Korea UNAS. Hal ini juga menjadi bukti keseriusan dari seluruh civitas akademikanya untuk memajukan Prodi Bahasa Korea UNAS agar semakin dikenal oleh masyarakat,” katanya.

Baca Juga :   Seminar Kesusastraan dengan tema "Peran Perempuan dalam Novel Layar Terkembang" karya Sutan Takdir Alisjahbana (STA)

Menanggapi hal tersebut, Dekan FBS UNAS, Dr. Somadi Sosrohadi, M.Pd. mengatakan bahwa UNAS akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas program studinya, terlebih pada Program Studi Bahasa Korea yang menjadi keunggulan di FBS UNAS. “Apapun hasil dari re-akreditasi ini, kami akan terima karena sudah berupaya semaksimal mungkin. Semoga proses ini bisa menjadi pemicu bagi kami untuk meningkatkan yang kurang dan mempertahankan yang sudah bagus di Prodi Bahasa Korea,” ucapnya.

Selama asesmen lapangan berlangsung, para asesor melakukan konfirmasi terkait beberapa hal diantaranya; rencana pengembangan UPPS, sistem tata pamong, sistem pengelolaan, capaian UPPS yang dilaporkan, rencana pengembangan prodi Bahasa Korea, serta melakukan wawancara terhadap dosen, mahasiswa, alumni dan pengguna eksternal, tendik, dan dilanjutkan dengan serah terima berita acara. (NIS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!