Finalisasi Persiapan Akreditasi, BPM Bersama Prodi Pariwisata Lakukan Simulasi Pemantauan IPEPA

Jakarta (Unas) – Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Nasional melakukan Simulasi Tahap II Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (PEPA) kepada Program studi Pariwisata pada Senin, 10 April 2023 di Ruang Seminar Selasar Lt.3 Unas. Simulasi ini diikuti langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., Kepala Badan Penjaminan Mutu Unas Dr. Muhani, S.E., M.Si.M., Pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Pimpinan Program Studi Pariwisata, Anggota Badan Penjaminan Mutu, dan seluruh Tim akreditasi Program Studi Pariwisata.

Pembukaan langsung dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. Dalam sambutannya Ia  menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan karena mengingat masa akreditasi prodi pariwisata yang akan kadaluarsa. Oleh karenanya, perlu segera dilakukan perpanjangan akreditasi melalui IPEPA.

Ia melanjutkan, bahwa prodi pariwisata telah mendapatkan pendampingan terkait data-data yang diperlukan untuk IPEPA. “Dan ini sudah dilakukan pendampingan untuk melengkapi data-data yang sesuai dengan indikator IPEPA. Oleh karena itu, hari ini pengecekan terakhir terkait dengan data-data IPEPA yang nanti bisa diperbaiki mana yang tidak sesuai dengan standar itu,” kata Suryono.

Suryono menambahkan bahwa prodi pariwisata memiliki potensi untuk mendapatkan akreditasi unggul. Hal itu karena dosen-dosen yang dimiliki sudah didorong untuk melanjutkan program doktor. Menurutnya, dengan faktor tersebut maka prodi pariwisata harus mengajukan akreditasi Unggul dalam dua atau tiga tahun yang akan datang.

“Terkait dengan itu (unggul) harus disiapkan baik dosen maupun kurikulumnya ini semua dilakukan karena memang Unas mendorong program studinya menuju ke Unggul,” ujarnya.

Lebih lanjut, Suryono juga menyampaikan bahwa dalam rangka menuju World Class University, Unas tengah menyiapkan perangkat tata kelola Universitas. Ini dilakukan agar nantinya proses akreditasi menuju World Class University dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga :   Ketua PBH Unas Lakukan penandatanganan Kontrak Addendum Bantuan Hukum Triwulan II dengan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta

“Termasuk rencana strategis kita evaluasi, membuat rencana operasional empat tahun terakhir yang nantinya bisa dibuat pedoman untuk aktivitas di Unas utamanya untuk akreditasi oleh karena itu semua unit-unit sekarang sudah melakukan update data yang nantinya akan diintegrasikan agar memudahkan para kaprodi, fakultas maupun Universitas untuk melengkapi data-data khususnya untuk akreditasi,” jelasnya.

Setelah sesi sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan dan pengecekan data prodi pariwisata yang dipandu oleh Kepala Badan Penjaminan Mutu Unas Dr. Muhani, S.E., M.Si.M. Kegiatan simulasi ini pun berlangsung hingga pukul 15.00 WIB. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!