FIKES UNAS Gelar Pelatihan Etik Dasar Dan Lanjut Serta Sistem Informasi Manajemen Etik Penelitian Kesehatan

Jakarta (UNAS)- Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional menggelar pelatihan Etik Penelitian serta workshop Sistem Informasi Manajemen dan Etik Penelitian Kesehatan (SIM-EPK). Sistem ini merupakan sistem informasi untuk pengusulan kelayakan etik protokol penelitian. Sistem yang dikenal dengan SIM-EPK ini terintegrasi dengan Komite Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional (KEPPKN) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Peserta yang dalam kegiatan tersebut adalah dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UNAS baik dari Prodi Keperawatan, Prodi Kebidanan, Prodi Pendidikan Profesi Ners, Prodi Pendidikan Profesi Bidan, dan Prodi Magister Kebidanan. dilakukan pada Rabu, Kamis dan Sabtu (17,18 dan 20) dengan tujuan yaitu untuk meningkatkan pemahaman prinsip dasar Etik penelitian kesehatan, pedoman etik penelitian, pengenalan prosedur dan persetujuan etik, serta tanggung jawab peneliti. Tujuan lainnya untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam proses ethical review melalui latihan penyelesaian studi kasus dan diskusi menelaah kasus.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Tim KEPKN Kementrian Kesehatan RI yaitu Prof. drg. Anton Rahardjo, M.Sc(PH)., Ph.D.  Master of science  Public Health Ph.D, Prof. dr. Emiliana Tjitra, M.Sc, Ph.D Master of science  Ph.D, Dr. dr. Anwar Santoso, Sp.JP(K)., FIHA  Spesialis Jantung dan pembuluh darah Konsultan dan Handoko Riwidikdo, S.Kp dosen Poltekes Kemenkes Yogyakarta yang memiliki pengalaman dalam SIM EPK.

Menurut ketua pelaksana kegiatan Bunga Tiara Carolin, S,ST., Bdn., M.Bmd dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang Etik penelitian Kesehatan dan syarat menjadi penelaah. “Diharapakkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang Etik penelitian Kesehatan karena sebelum menjadi penelaah, peneliti harus memiliki sertifikat Etik dan SIM EPK.

Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan yaitu membahas 3 prinsip etik, 7 standar etik, 25 butir pedoman etik, 35 daftar tilik informed consent, dan 48 poin protokol penelitian kesehatan.

Baca Juga :   UJI TATA BAHASA BAKU

Selain dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UNAS, dalam kegiatan tersebut juga turut diikuti oleh Dekan FIKES Prof. Dr. Retno Widowati, M.Si. (TIN)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!