FIKES Gandeng LP3M UNJ, Gelar Pelatihan Keterampilan Dasar Untuk Kompetensi Dosen

JAKARTA (UNAS) – Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Sebagai seorang tenaga pengajar, Dosen wajib memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi yang profesional karena Dosen adalah salah satu komponen yang sangat berperan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa.

Pada Senin (19/2) Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional yang bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Negeri Jakarta mengadakan Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) di Ruang 311 Blok III Lantai 3 Universitas Nasional. Program PEKERTI merupakan program wajib dalam rangka peningkatan kompetensi profesional dosen dalam memangku jabatan fungsional terutama dalam peningkatan keterampilan.

“Kegiatan pembelajaran ini bertujuan meningkatkan dasar instruksional dan merancang pembelajaran rasional maka perlunya peningkatan profesionalisme dosen, karenanya dosen harus mampu memberikan dampak positif terhadap perguruan tinggi dan mengubah pendekatan instruksional dari teaching university menjadi learning university,” Ucap Dekan FIKES, Dr. Retno Widowati, M.Si.

Retno menambahkan, PEKERTI menjadi penting karena seiring berkembangnya teknologi pendidikan dan pembelajaran di era global menuntut para Dosen untuk menjadi kompeten dan diharapkan program ini akan menghasilkan pemikiran-pemikiran baru. Lanjutnya selain mendapat ilmu program ini bisa bermanfaat sebagai penunjang kepangkatan.

Program ini merupakan rekomendasi dari Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (KOPERTIS) sekaligus pihak yang menjembatani FIKES UNAS dengan LP3M UNJ sehingga program PEKERTI ini dapat diselenggarakan. Retno mengakui PEKERTI ini diselenggarakan  sesuai dengan standar KOPERTIS sehingga program ini diakui secara institusional.

“UNAS baru pertama kali mengadakan program PEKERTI secara khusus dan diharapkan kedepannya dapat diikuti oleh Fakultas-Fakultas yang ada di UNAS,”tutupnya.

Program PEKERTI ini dilaksanakan selama lima hari pada Senin hingga Jumat (19-23/2). Peserta PEKERTI datang dari berbagai program studi di universitas dan sekolah tinggi dari  daerah Tanggerang, Serang, hingga Jember . Materi yang diberikan antara lain Pembelajaran Media Berbasis Teknologi disampaikan oleh Cecep Kustandi dari UNJ, Teori belajar, pembelajaran dan motivasi, penyusunan rencana pembelajaran semester, model pembelajaran aktif dan inovatif hingga evaluasi pembelajaran. (*DMS)