Fakultas Biologi UNAS Mendukung Kompetensi Diri Mahasiswa di Era Society 5.0

Jakarta (UNAS) – Dalam rangkaian kegiatan Pengenalan Lingkungan dan Budaya Akademik (PLBA) semester ganjil 2021/2022, Fakultas Biologi Universitas Nasional melaksanakan PLBA Fakultas pada Sabtu (25/9) secara virtual. Dikenal dengan sebutan Fabiona yang memiliki satu program studi yaitu Biologi, pada semester ini menerima mahasiswa baru sebanyak 48 orang yang tergabung dari kelas regular dan kelas karyawan.

Wakil Dekan Fabiona Dr. Sri Endarti Rahayu, M.Si., menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini agar mahasiswa baru dan orang tua mengenal dosen pengajar terutama pada kuliah daring. “Juga agar orang tua mahasiswa baru kenal dengan dosen pembimbing akademiknya. Itu yang paling penting karena bila mahasiswa ada masalah akademik biasanya yang akan dihubungi adalah dosen PA (Pembimbing Akademik),” tutur Sri saat memberikan sambutan.

Dr. Sri Endarti Rahayu, M.Si.

Pelaksanaan kegiatan ini tidak terlepas dari kinerja Himpunan Mahasiswa Biologi (Himabio). Ketua Pelaksana Farhan Apriansyah yang menjabat sebagai pengurus Himabio menyampaikan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan biologi. “PLBA ini bertujuan untuk memperkenalkan kalian terhadap lingkungan biologi, meliputi perkenalan dosen, perkenalan lab, perkenalan kurikulum hingga perkenalan BSO (Badan Semi Otonom),” ujarnya.

Dekan Fabiona Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si., pada kesempatan pertama menyampaikan materi mengenai perkembangan Fabiona sejak dulu, sekarang dan untuk ke depan yang mengikuti tantangan dan tren pendidikan. Oleh sebab itu, tema yang diangkat dalam kegiatan ini yaitu “Memperkenalkan Ilmu Biologi di Era Society 5.0”

Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si.

“Kita semakin butuh terhadap teknologi IT, kalau kita tidak mengikuti itu kita akan ketinggalan secara global. Kita juga mengikuti program pendidikan dengan pendekatan OB yaitu outcome based education,” ucap Tatang. Capaian pembelajaran yang diharapkan yaitu mahasiswa dapat kompeten dibidangnya.

Untuk memfasilitasi capaian pembelajaran yang mengarah kompetensi tersebut, Fabiona juga mengharapkan dukungan para orang tua. Sejak perkuliahan sampai kuliah kerja lapangan, mahasiswa akan dilatih untuk mempresentasikan hasil-hasilnya. Bahkan juga sudah banyak mahasiswa ikut menulis di jurnal dengan bimbingan para dosen.

Budaya akademik di Fabiona yang menerapkan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa ini, yang dirasa oleh Guru Besar UNAS Prof. Dr. Endang Sukara menjadi modal percaya dirinya untuk masuk ke lembaga riset terkenal seperti LIPI. Melalui kuliah umum mengenai perjalanan awal Prof. Endang hingga berada dipuncak jaya diharapkan dapat menjadi motivasi mahasiswa baru.

Berdasarkan pengalaman Prof. Endang yang masuk Fabiona pada tahun 1972, ia menyampaikan “memang di Biologi UNAS itu sudah dari dulu sampai sekarang tetap dipertahankan kondisi-kondisi akademis yang kita rasakan mempunyai kenikmatan sendiri,” ungkapnya. Ia melanjutkan, “jadi di (Biologi) UNAS itu tidak terasa kita itu mendapatkan kedewasan diri yang sangat luar biasa, mungkin tidak bisa kita nilai. Yang jelas pendewasaan diri makin diperkuat dengan program-program yang dilakukan oleh mahasiwa pada waktu itu”.

Prof. Dr. Endang Sukara

Saat ini, Prodi Biologi UNAS merupakan salah satu program studi terakreditasi A di perguruan tinggi Jakarta. Tentu, salah satunya didukung oleh peranan alumni yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fabiona. Ketua BPH IKA Fabiona Bambang Warsono turut menyambut mahasiswa baru dalam kegiatan ini.

IKA Fabiona, menurut Bambang, merupakan ikatan alumni yang paling aktif di UNAS serta sudah memiliki legalitas. Ikut berperan dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, IKA Fabiona membuktikan dalam bentuk program-program yang turut menjadi penghubung antara dosen, mahasiswa dan alumni.

Salah satunya yaitu Edu Park UNAS sebagai aktualisasi pengabdian masyarakat. “Edu park kegiatannya tidak hanya untuk fakultas tetapi juga untuk universitas. Edu park adalah taman yang kita bangun dengan pemahaman atau pendekatan dengan biologi yang sarat akan materi-materi pembelajaran,” jelas Bambang.

Bambang Warsono

Selanjutnya materi yang disampaikan yaitu terkait kegiatan perkuliahan terdiri dari kurikulum, perkenalan dosen dan kelapa laboratorium, perkenalan antara dosen pembimbing akademik dengan orang tua dan mahasiswa, serta presentasi Himabio dan juga Badan Semi Otonom (BSO) yang ada di Fabiona.

Adapun materi kurikulum disampaikan oleh Ketua Program Studi Biologi Drs. Gautama Wisnubudi, M.Si. Kemudian, pengenalan laboratorium praktikum yang disampaikan oleh masing-masing kepala laboratorium. Kepala Lab. Botani Dra. Endang Wajuningsih, M.Si., Kepala Lab. Kimia Astri Zulfa, S.S.i., M.Si., Kepala Lab. Mikrobiologi dan Genetika Dra. Noverita, M.Si., dan Kepala Lab Zoologi Dra. Hasni Ruslan, M.Si.

Dosen PA mahasiswa prodi Biologi UNAS angkatan 2021 ini yaitu Dr. Fitriah Basalamah, M.Si., pada mahasiswa bioregular dan Dr. Sri Endarti Rahayu, M.Si., pada mahasiswa biomedik. Tidak hanya itu, mahasiswa baru juga dikenalkan oleh keluarga Himabio dan BSO yang ada di Fabiona. Terdapat 7 BSO di Fabiona yaitu Forum Studi Primata (FSP), Marine Conservation Club (MCC), Kelompok Studi Penyu Laut (KSPL), Kelompok Studi Ekologi Perairan (KSEP), Biological Bird Club (BBC), Kelompok Studi Herpetologi (KSH), dan Bioindustry Innovation Club (BIC). (*ARS)

Berita Terkait
English Indonesian
Chat with Us!