Dua Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unas Promosikan Budaya NTT di Penang, Malaysia

Jakarta (Unas) – Dua mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nasional (Unas) promosikan budaya Nusa Tenggara Timur (NTT) di Penang, Malaysia. Ialah Pearly Ferarri Foenale dan Adeleida Bunga Asmarannie, keduanya merupakan mahasiswa angkatan 2019.

Pearly dan Bunga tampil berbusana NTT dalam kegiatan Artistry for Charity dan East Nusa Tenggara Cultural Event 2022, pada tanggal 26 dan 28 Oktober 2022. Mereka merupakan bagian dari tim Sanggar Cendana Wangi yang menghadiri undangan Konjen RI di Penang, Malaysia.

Tim Sanggar Cendana Wangi

“Suatu kehormatan bagi saya dapat mempromosikan budaya NTT dalam event internasional ini. Melalui busana adat yang saya gunakan, saya ingin memperkenalkan NTT kepada orang banyak bahwa daerah kami memiliki corak tenun yang unik dan bagus”, ujar Bunga dalam keterangan wawancaranya oleh Humas Unas.

Sementara itu, Pearly juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi generasi muda untuk dapat membantu melestarikan budaya daerahnya kepada masyarakat, telebih dalam event internasional. “Semoga budaya NTT dapat terus terlestarikan dan semakin terkenal”, katanya.

Bunga saat membawakan tarian Cerana

Pearly dan Bunga tampil mengenakan pakaian adat dalam pagelaran fashion show serta tarian NTT. Salah satunya ialah tari Foti Lalendo asal Rote, yang merupakan tarian penyambutan prajurit dari perang oleh para wanita.

Pearly saat membawakan tarian Taramiti Tominuku 

Pearly dan timnya juga menampilkan tarian Taramiti Tominuku dari Pulau Alor, mengenakan baju adat Rote, serta baju dari kabupaten Sumba dalam pagelaran fashion show. Sementara Bunga membawakan tari Cerana yang merupakan tarian kerajaan Nisnoni di kabupaten Kupang.

“Tarian ini menceritakan tentang para putri bangsawan di kota Kupang NTT yang menyambut para tamu penting dalam acara kerjaan Radja Nisnoni. Para putri bangsawan mempersembahkan sirih dan pinang yang ditaruh di tempar sirih dalam artian menerima dan menghargai para tamu agung ketika tiba di istana kerjaan Kupang”, jelas Bunga.

Baca Juga :   Tingkatkan Mutu Internal, Unas Selenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen

Keduanya tampil pada Rabu, 26 Oktober 2022 di The Blue Mansion Hotel, serta pada 28 Oktober 2022 di Wisma KJRI Penang yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Atas partisipasinya itu, Pearly dan Bunga mendapatkan sertifikat keikutsertaan dalam event bergengsi ini. (NIS)

 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!