Tingkatkan Mutu Internal, Unas Selenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen

Jakarta (Unas) – Dalam rangka implementasi SN Dikti Peraturan Pemerintah No. 3 Tahun 2020, Universitas Nasional (Unas) melaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Tahun akademik 2021/2022 di Aula Blok 1 Lt. 4 Unas, Selasa, (28/2). Acara ini turut dihadiri Ketua Pengurus Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (YMIK) Dr. Ramlan Siregar, M.Si., Rektor Unas Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A., Wakil Rektor Unas Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., dan Wakil Rektor Unas Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan SDM Prof. Dr. Drs. Eko Sugiyanto, M.Si., para pimpinan Fakultas, Program Studi dan Kepala Badan/ Biro/ UPT serta para auditor dilingkungan Unas.

Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) merupakan suatu tahap pengendalian dalam siklus sistem manajemen mutu yang dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja sistem secara menyeluruh. Kegiatan rapat tinjauan manajemen menjadi sangat penting untuk peningkatan mutu Universitas Nasional. Tinjauan manajemen dilakukan untuk memastikan apakah temuan dapat ditindaklanjuti dengan baik dan memastikan bahwa sistem mutu berjalan efektif dan efisien. Seluruh pimpinan diharapkan untuk dapat membangun sistem manajemen mutu dan kinerja dalam meningkatkan performa unggul.

Dalam sambutannya, Rektor Unas Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. mengatakan kegiatan RTM Unas tahun akademik 2021/2022 merupakan kegiatan RTM pertama kali yang diselenggarakan. Ia juga menuturkan bahwa diselenggarakannya RTM ini menandakan adanya komitmen yang tinggi dari pimpinan untuk terbentuknya budaya mutu.

Rektor Universitas Nasional Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Tinjauan Manajemen

Lebih lanjut El Amry menyampaikan bahwa Rapat Tinjauan Manajemen ini akan dilaksanakan secara rutin setiap tahun setelah terlaksananya AMI. “Selanjutnya diharapkan pimpinan masing-masing unit juga mengadakan RTM untuk menindaklanjuti hasil AMI dan RTM ini,” katanya.

Hasil dari RTM ini, Rektor Unas mengharapkan adanya kebijakan untuk peningkatan efektivitas sistem mutu dan prosesnya, Peningkatan hasil layanan yang menuju terpenuhinya persyaratan/standar, Pemenuhan kebutuhan sumberdaya dan Pembahasan lanjutan melalui tim kecil.

Baca Juga :   Dosen Unas Kembali Paparkan Penelitian Selama Covid-19 dalam Bidang Sosial, Ekonomi, dan Humaniora.

Dalam sambutan ini juga, El Amry juga menyampaikan capaian-capaian Unas. “Tahun 2022, Unas mendapat peringkat urutan 5 se Jakarta dan ke 72 se Indonesia versi Edu Rank; Penelitian Unas Mask sebagai Kluster 1 versi Sinta; Unas telah mencapai Akreditasi A; Unas memiliki sertifikasi QS Stars bintang 4; Unas memiliki 3 prodi Unggul, 6 prodi A, 11 prodi Baik Sekali, 1 prodi Baik; Unas memiliki 3 prodi baru, 2 Magister dan 1 Sarjana; Unas memiliki 4 asesor internal yang terdaftar di BAN/ LAM,” ujarnya.

“Kemudian Unas memiliki perwakilan sebagai MA BAN PT; Unas mendapat peringkat ISTIMEWA dari LLDIKTI dalam pelaporan PDDIKTI; Penjaminan Mutu Unas selalu mencapai 100% pemenuhan indikator yang dinilai tersebut dan menempati urutan ke 6 se LLDIKTI Wilayah Ill; Unas memiliki pakar mutu yang ditunjuk langsung oleh LLDIKTI Wilayah Ill; Unas memiliki 10 Auditor yang telah memiliki Certified Auditor Professional dan 28 Auditor yang telah memiliki sertifikat melalui Pelatihan Audit,” papar El Amry.

Sebelum menutup sambutannya, Ia mengatakan bahwa melalui pertemuan tinjauan manajemen berbagai permasalahan yang terkait dengan mutu dan kinerja, serta operasionalisasi sistem manajemen mutu dan sistem pelayanan dalam memberikan pelayanan dan produk kepada pelanggan/pengguna dibahas dan ditindaklanjuti dalam upaya-upaya untuk melakukan perbaikan.

“Keberhasilan pertemuan tinjauan manajemen ini tergantung pada komitmen untuk melakukan perubahan-perubahan dan perbaikan sesuai dengan apa yang direkomendasikan dan kesepakatan yang dihasilkan dalam pertemuan,” ungkapnya.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Badan Penjaminan Mutu Unas ini membahas 7 aspek yaitu (1) Hasil audit mutu internal tahun akademik 2021/2022, (2) Umpan balik berdasarkan survey (3) Kinerja proses dan kesesuaian produk, (4) Status Tindakan pencegahan dan perbaikan, (5) Tindak lanjut dari RTM sebelumnya, (6) Perubahan yang dapat mempengaruhi SPMI dan (7) Rekomendasi untuk peningkatan.

Baca Juga :   Tasyakuran Program Studi Hukum Fakultas Hukum atas Perolehan Akreditasi Unggul

Pada pelaksanaan RTM tahun ini dibarengi juga dengan pengumuman reward AMI berupa Auditee dan Auditor Terbaik dengan total reward Rp 100 juta. Adapun pemenangnya adalah Auditee Terbaik kategori Fakultas diraih oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Auditee Terbaik kategori Program Studi (Prodi) Juara pertama diraih oleh Prodi Hubungan Internasional, diikuti juara dua Prodi Pendidikan Profesi Ners dan ketiga Prodi Sosiologi.

Selanjutnya, untuk kategori Badan/Biro/ UPT Auditee terbaik diraih oleh Biro Administrasi Umum diperingkat pertama dan kedua yaitu UPT Marketing and Public Relations. Kemudian juga diberikan sertifikat dan penghargaan kepada auditor terbaik serta auditor dengan rekomendasi terbaik. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!