Dosen FEB UNAS Arni Karina Berhasil Meraih Gelar Doktor Bidang Ilmu Ekonomi

Dosen FEB UNAS Arni Karina Berhasil Meraih Gelar Doktor Bidang Ilmu Ekonomi

Jakarta (UNAS) – Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional Dr. Arni Karina, S.E., M.SiM., berhasil menyandang gelar doktornya dalam Bidang Ilmu Ekonomi dengan mempertahankan disertasinya berjudul “PENGARUH GOOD BADAN LAYANAN UMUM GOVERNANCE (GBG) BIDANG KESEHATAN TERHADAP TRANSPARANSI KEUANGAN IMPLIKASINYA KEPADA EFISIENSI BELANJA” di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar pada Selasa, 17 Mei 2022.

Dalam penelitiannya, Arni memaparkan bahwa Penelitian dilakukan untuk memberikan kontribusi literatur dalam hal research gap dengan adanya beberapa penelitian yang tidak sejalan dengan teori serta fenomena bisnis yang terjadi atas efisiensi belanja. “Penelitian efisiensi pada riset ini akan dibahas menggunakan metode kuantitatif, dengan data sekunder yang terintegrasi atas permasalahan Good BLU Governance bidang kesehatan di Indonesia yang dimulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pertanggungjawaban hingga kontroling terhadap transparansi keuangan, implikasinya kepada efisiensi belanja”, jelasnya.

Ia melanjutkan, penelitian ini secara komprehensif memotret mekanisme BLU Governance yang dimulai dari proses perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan dan pertanggungjawaban yang diproksi dengan variabel eksogen.

“Terlepas dari pro dan kontra riset-riset terdahulu, bahwa BLU mempunyai peran yang besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, BLU memperoleh pendapatan berupa surplus yang langsung diolah kembali dimana tujuan utamanya untuk melayani masyarakat secara maksimal. Sehingga tujuan dibentuknya BLU adalah dapat mewujudkan mekanisme good governance pada lingkup BLU yang tercermin dari efektivitas dewan pengawas, dilaksanakannya peraturan pada kementerian teknis yang membawahi BLU dan pelaporan secara rutin oleh satker BLU kepada Kemenkeu,” papar Arni

Dari hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa analisis rencana bisnis anggaran,penerapan akuntansi berbasis akrual,size BLU dan efektivitas dewan pengawas berpengaruh positif dan signifikan terhadap transparansi keuangan BLU. “Pengujian hipotesis memperlihatkan bahwa hanya size BLU dan efektivitas dewan pengawas mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap efisiensi belanja,” terangnya.

Baca Juga :   Tunjang Karya Ilmiah, Prodi Sastra Inggris Adakan Pelatihan Mendeley

Dalam sidang promosi doktor Bidang Ilmu Ekonomi Dr. Arni Karina, S.E., M.SiM., dipromotori oleh Prof.Dr. Syarifuddin,SE,Ak, M.Soc,Sc,CA., dan Dr. Aini Indrijawati SE,Ak, MSi,CA., sebagai kopromotor I, Dr. Anas Iswanto Anwar SE, MA, CWM., sebagai promotor II.

Hadir pula dalam sidang Dr.Marwanto Harjowiryono,SE,MA., selaku penguji eksternal.Prof dan Dr.Haliah SE,Ak,MSi,CA., Prof. Dr. Abdul Hamid Habbe, SE, M.Si., Dr. Syamsudin SE,Ak,MSi,CA., Prof.Dr. Nuraeni Kadir,SE,MSi selaku penguji internal. (*TIN)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!