Dosen FEB UNAS Arni Karina Berhasil Meraih Gelar Doktor Bidang Ilmu Ekonomi

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Dosen FEB UNAS Arni Karina Berhasil Meraih Gelar Doktor Bidang Ilmu Ekonomi

Jakarta (UNAS) – Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional Dr. Arni Karina, S.E., M.SiM., berhasil menyandang gelar doktornya dalam Bidang Ilmu Ekonomi dengan mempertahankan disertasinya berjudul “PENGARUH GOOD BADAN LAYANAN UMUM GOVERNANCE (GBG) BIDANG KESEHATAN TERHADAP TRANSPARANSI KEUANGAN IMPLIKASINYA KEPADA EFISIENSI BELANJA” di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar pada Selasa, 17 Mei 2022.

Dalam penelitiannya, Arni memaparkan bahwa Penelitian dilakukan untuk memberikan kontribusi literatur dalam hal research gap dengan adanya beberapa penelitian yang tidak sejalan dengan teori serta fenomena bisnis yang terjadi atas efisiensi belanja. “Penelitian efisiensi pada riset ini akan dibahas menggunakan metode kuantitatif, dengan data sekunder yang terintegrasi atas permasalahan Good BLU Governance bidang kesehatan di Indonesia yang dimulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pertanggungjawaban hingga kontroling terhadap transparansi keuangan, implikasinya kepada efisiensi belanja”, jelasnya.

Ia melanjutkan, penelitian ini secara komprehensif memotret mekanisme BLU Governance yang dimulai dari proses perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan dan pertanggungjawaban yang diproksi dengan variabel eksogen.

“Terlepas dari pro dan kontra riset-riset terdahulu, bahwa BLU mempunyai peran yang besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, BLU memperoleh pendapatan berupa surplus yang langsung diolah kembali dimana tujuan utamanya untuk melayani masyarakat secara maksimal. Sehingga tujuan dibentuknya BLU adalah dapat mewujudkan mekanisme good governance pada lingkup BLU yang tercermin dari efektivitas dewan pengawas, dilaksanakannya peraturan pada kementerian teknis yang membawahi BLU dan pelaporan secara rutin oleh satker BLU kepada Kemenkeu,” papar Arni

Dari hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa analisis rencana bisnis anggaran,penerapan akuntansi berbasis akrual,size BLU dan efektivitas dewan pengawas berpengaruh positif dan signifikan terhadap transparansi keuangan BLU. “Pengujian hipotesis memperlihatkan bahwa hanya size BLU dan efektivitas dewan pengawas mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap efisiensi belanja,” terangnya.

Dalam sidang promosi doktor Bidang Ilmu Ekonomi Dr. Arni Karina, S.E., M.SiM., dipromotori oleh Prof.Dr. Syarifuddin,SE,Ak, M.Soc,Sc,CA., dan Dr. Aini Indrijawati SE,Ak, MSi,CA., sebagai kopromotor I, Dr. Anas Iswanto Anwar SE, MA, CWM., sebagai promotor II.

Hadir pula dalam sidang Dr.Marwanto Harjowiryono,SE,MA., selaku penguji eksternal.Prof dan Dr.Haliah SE,Ak,MSi,CA., Prof. Dr. Abdul Hamid Habbe, SE, M.Si., Dr. Syamsudin SE,Ak,MSi,CA., Prof.Dr. Nuraeni Kadir,SE,MSi selaku penguji internal. (*TIN)

Berita Terbaru
Chat with Us!