Dorong Kreativitas Mahasiswa, Unas Adakan Kompetisi EDC, KDMI, dan LKTI

Dorong Kreativitas Mahasiswa Adakan Kompetisi

Jakarta (Unas) – Dalam upaya mendorong kreativitas dan inovasi mahasiswa, Universitas Nasional (Unas) melalui Biro Administrasi Kemahasiswaan (Biromawa) adakan kompetisi tingkat universitas, pada 18-20 November 2021. Adapun kompetisi yang dihelat ialah English Debating Championship (EDC), Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI), serta Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari perayaan Dies Natalis Unas ke 72.

“Kami ingin mendorong semangat mahasiswa Unas untuk bisa berkompetisi secara baik, menyuarakan minat bakat mereka, dan mendorong mereka untuk berprestasi melalui kegiatan-kegaitan yang positif,” ujar Kepala Biromawa Unas, Kamaruddin Salim, S.Sos., M.Si., dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan secara virtual, Kamis (18/11).

Kamaruddin Salim, S.Sos., M.Si.

Ia berharap, melalui lomba yang diinisiasi oleh LLDIKTI ini, Unas dapat melahirkan bibit-bibit unggul yang memiliki kreativitas tinggi dan siap bersaing secara nasional dan internasional. “Mahasiswa yang berprestasi akan memiliki kontribusi terhadap peningkatan poin program studi dan universitas. Semoga kompetisi ini bisa rutin terlaksana dan menjadi budaya akademik baik di Unas,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A. M.M., mengatakan, kegiatan kemahasiswan memberikan kontribusi besar terhadap akreditasi Unas dalam tingkat nasional, regional, dan internasional.

Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A. M.M.

“ Oleh sebab itu, kita perlu menyediakan sarana kepada mahasiswa untuk mengadakan kegiatan-kegiatan kreativitas dan kompetisi agar bisa bersaing secara sehat. Semoga kompetisi ini bisa melahirkan mahasiswa yang beprestasi dan dapat membawa nama Unas dikancah internasional, ” tuturnya.

Lomba Karya Tulis Ilmiah

LKTI adalah lomba penulisan bersifat ilmiah yang dapat diikuti oleh kalangan mahasiswa maupun mahasiswi perguruan tinggi maupun swasta yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir dalam menganalisa sebuah permasalahan, serta mengasah kemampuan dalam memecahkan masalah.

Baca Juga :   Prodi Pendidikan Profesi Ners Lepas 29 Lulusan Angkatan Pertama Melalui Prosesi Angkat Sumpah

Tema yang diangkat dalam lomba ini ialah “ Optimalisasi Sumber Daya Manusia di Bumi Nusantara Guna Tercapainya Indonesia Emas 2045 ”. Sub tema yang dibahas ialah sosial dan budaya, ekonomi, hukum, teknologi, dan kesehatan. Sementara output dari lomba ini yakni mencari mahasiswa unggulan yang akan dikirim untuk mengikuti LKTI Tingkat Nasional.

LKTI Unas diikuti oleh 2 mahasiswa unggulan dari masing-masing program studi untuk turut berpartisipasi dalam rangkaian LKTI yang akan kembali diseleksi untuk mengikuti lomba tingkat nasional.

Adapun pemenang LKTI Unas 2021 ialah :

–          Juara 1 : Chintya Annisa Rifananda dari Prodi Ilmu Politik

–          Juara 2 : Sari Tri Anjani dari Prodi Sosiologi

–          Juara 3 : Munaja Tulloh dari Prodi Manajemen

Unas – English Debating Championship 2021

Unas-EDC bertujuan untuk meningkatkan daya saing mahasiswa melalui media debat ilmiah, mengungkapkan ide dalam bahasa inggris, mampu menguasai ide dalam bahasa inggris, mampu menguasai pengetahuan global, serta dapat menganalisis serta meyakinkan publik.

Dalam debat, mahasiswa diharuskan untuk berpikir kritis, logis dan analitis, menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis, serta menyampaikan permasalahan nasional dan internasional beserta alternatif pemecahannya. Lomba ini mengusung tema ‘The Insights of Indonesian Archipelago (Wawasan Nusantara)’.

Terdapat tiga aspek yang dinilai dalam lomba yakni manner sebanyak 40% yang meliputi public speaking skills, methode sebanyak 20% meliputi structure dan sistematika penyampaian pidato, serta matter sebanyak 40% yakni isi yang disampaikan dalam speech. Lomba diikuti 2 orang peserta dalam satu tim program studi yakni debater 1 dan debater 2.

Adapun pemenang dalam lomba ini diraih oleh :

– Juara 1: Cut Geubrina Salsabila & Hanifsyah Danivieri (Ilmu Politik) dengan score 167

– Juara 2: Danto Erfatoro Isa & Tamara Ramadhanis (Ilmu Komunikasi) dengan score 166

Baca Juga :   Juara 2 Tingkat Nasional Lomba Business Plan, Mahasiswi Ilkom UNAS Ciptakan Produk Berbasis Socio-Preneur dan Eco-Friendly

– Juara 3: Immanuelsa Helmy Puspaningrum & Iftitarisa Paramitha (Sastra Inggris) dengan score 165

– Juara 4: Raihan Nazerra & Intan Mustika (Hubungan Internasional) dengan score 162

Best Speaker:

– Best Speaker 1: Cut Geubrina Salsabila (174)

– Best Speaker 2: Iftitarisa Paramitha (173)

– Best Speaker 3: Danto Erfatoro Isa (166)

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia – Unas 2021

KDMI Unas mengusung tema “ Berbakti Untuk Negeri ” dengan sub tema “ Peran Mahasiswa dalam Mewujudkan SDG’s untuk Negeri ”. Kompetisi ini diikuti oleh perwakilan setiap program studi di Unas dan dilangsungkan selama 3 hari yakni 18-20 November 2021.

Tujuan diadakan KDMI Unas tingkat Universitas ialah untuk menyeleksi dan memilih siswa berprestasi yang layak untuk mewakili Unas dalam KDMI 2021 tingkat nasional. Perlombaan ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Indonesia dan menciptakan kompetisi yang sehat antar mahasiswa.

Terdapat beberapa poin yang menjadi penilaian dalam lomba ini yakni  Isi atau argumentasi yang disampaikan, gaya bicara dalam argumentasi mulai dari sikap tubuh, volume suara, kontak mata, dan variasi ekspresi, serta strategi pembelaan dan perlawanan dengan baik dalam debat.

Pada lomba ini, satu tim terdiri dari 2 orang pendebat. Dalam satu babak debat, terdapat empat tim yang berdebat dalam satu ruangan. Keempat tim tersebut mendapatkan posisi sebagai tim pemerintah pembuka, tim oposisi pembuka, tim pemerintah penutup, dan tim oposisi penutup.

Adapun pemenang dalam lomba ini diraih oleh :

–          Juara 1 : Emma Rufaidah dan Muhammad Rivaldi Atmaja (Teknik Elektro) dengan skor 487

–          Juara 2  : Muhammad Yasin dan Angelina (Sosiologi) dengan skor 463

–          Juara 3 : Mutiara Ashia Zahra dan Muhammad Ishlah Ramadhan (Biologi) dengan skor 460,67

Baca Juga :   Studium General

–          Juara 4 : Abdul Aziz Almaghribi dan Chandra Kirana (Hubungan Internasional) dengan skor 459,3

Pembicara Terbaik

–          Terbaik pertama : Salsya Putri Tell Aviv Nurahua (Keperawatan) dengan skor 246,35

–          Terbaik kedua : Siti Noor Khalisah Jasmine (Agroteknologi) dengan skor 226,35

–          Terbaik ketiga : Nuraihi Hanifah Albugis (Ilmu Komunikasi) dengan skor 221,83

Masing- masing pemenang dalam perlombaan mendapatkan hadiah berupa piala penghargaan, sertifikat, dan sejumlah uang tunai. (NIS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!