BSDM dan BPK Adakan Pelatihan Kompetensi Pedagogik bagi Para Dosen Baru

Jakarta (Unas) – Biro Administrasi Sumber Daya Manusia (BSDM) Universitas Nasional (Unas) bekerja sama dengan Badan Pengembangan Kurikulum (BPK) mengadakan pelatihan kompetensi pedagogik kepada para dosen baru. Pelatihan ini meliputi penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), pembuatan modul pembelajaran, dan micro teaching, yang dilaksanakan pada 13 s.d 15 Maret 2023 di Ruang Seminar Selasar lantai III.

Wakil Rektor Bidang Keuangan, Administrasi Umum, dan SDM, Prof. Dr. Drs. Eko Sugiyanto, M.Si., mengatakan, pelatihan ini diadakan untuk memberikan arahan kepada para dosen baru Unas sebelum melakukan proses pembelajaran.

Wakil Rektor Bidang Keuangan, Administrasi Umum, dan SDM, Prof. Dr. Drs. Eko Sugiyanto, M.Si.,saat memberikan arahan kepada para dosen.

“Kami berharap para dosen dapat memahami tugas dan perannya, serta memahami kompetensi apa saja yang dibutuhkan ketika mengajar,” ujar Wakil Rektor dalam sambutannya ketika membuka acara, pada Senin (13/03).

Eko melanjutkan, selain melakukan pendidikan dan pengajaran, para dosen juga dituntut untuk melakukan penelitian dan publikasi, serta pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Jadi ketiga hal tersebut harus dipegang teguh ketika bekerja sebagai dosen, dan akan kami dorong terus menerus. Khususnya dalam satu semester, minimal ada satu penelitian dan publikasi yang harus dilakukan,” katanya.

Pada hari pertama. kegiatan diisi dengan presentasi oleh Ketua BPK, Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., mengenai re-desain rencana pembelajaran. Dalam paparannya, Heni menuturkan, para dosen harus mampu merancang pembelajaran inovasi dan menyusun RPS Blended sesuai dengan SN-DIKTI serta dengan pendekatan Outcome Based Education (OBE).

Ketua BPK, Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., materi merancang dan menyusun RPS.

“Pada materi ini, kami memberikan arahan kepada para dosen untuk merevisi CPL, CPMK, sub-CPMK, memahami korelasi CPL terhadap sub-CPMK, serta menyusun desain pembelajaran dengan pendekatan OBE,” tutur Heni.

Pelatihan dilanjutkan dengan pembuatan modul ajar pada hari kedua, Selasa (14/03). Heni memaparkan, para dosen harus mampu memodifikasi modul ajar yang tersedia dan disesuaikan dengan karakteristik kebutuhan masing-masing.

Baca Juga :   Workshop Public Relations Sebagai Penutup Commweeks 2019

“Para dosen juga diharapkan mampu menentukan asesmen atau penilaian yang sesuai dari modul ajar yang dimodifikasi, mengembangkan modul ajar yang relevan, serta menyesuaikan tingkat capaian mahasiswa untuk mendukung pembelajaran pada modul ajar yang dimodifikasi,” ucapnya.

Kepala Biro Administrasi Sumber Daya Manusia (BSDM) Unas, Dr. Edi Sugiono, S.E., M.M.

Sementara itu, dalam pelatihan ini, para dosen juga diberikan pengetahuan almamater serta materi pengembangan karir dosen oleh Kepala Biro Administrasi Sumber Daya Manusia (BSDM) Unas, Dr. Edi Sugiono, S.E., M.M., dilanjutkan dengan penjelasan mengenai Micro Teaching oleh Febria Anita, S.Si.,  M.Sc. (NIS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!