Berawal Dari Kesukaan Mencoba Hal Baru, Mengantarkan Desfara Raih Juara 1 Project SDGS Terbaik Dalam Ajang Internasional

Jakarta (UNAS) – Pukul 11.52 WIB pada Selasa, 19 Maret 2024, ponsel Tim Humas UNAS berdering tanpa nada apapun. Melihat pesan singkat yang muncul ternyata pesan itu datang dari Desfara Anggreani salah satu mahasiswi Universitas Nasional dari Program Studi Keperawatan angkatan 2021 yang baru saja meraih juara 1 Dalam kegiatan Internasional Youth Experience (IYE) 2024 sebagai project SDGs terbaik.

Ia mengirim pesan berupa jawaban atas pertanyaan yang Tim Humas kirim melalui Whatsapp pada Senin, 18 Maret 2024. Melalui file PDF yang dikirimkan, Desfara menyampaikan berbagai persiapan, apa yang dilakukan hingga apa yang akan dilakukan kedepannya.

Desfara yang lahir di Jakarta pada 23 Desember 2002, menyampaikan apa yang melatarbelakangi keikutsertaannya dalam kegiatan IYE 2024. Berawal dari kesukaan Desfara mencoba semua hal baru mengantarkannya untuk mengikuti IYE 2024.  Ia percaya dari semua hal baru, Desfara bisa belajar banyak dari semua perbedaan mulai dari budaya, toleransi, tutur kata, dan sikap lainnya.

Desfara Anggreani saat melakukan kegiatan mengajar kepada anak-anak sekolah di Thailand.

Di samping itu, IYE 2024 juga menawarkan banyak kegiatan yang membuatnya semakin tertarik untuk mencoba, salah satunya seperti kegiatan mengajar secara sukarela kepada anak-anak di salah satu daerah lokal di Thailand. Hal ini yang membuat nya berpikir bagaimana kebiasaan mereka belajar, apakah ada kebudayaan tersendiri dalam belajar, bagaimana dengan tingkatan sekolah di Thailand. Kegiatan mengajar ini juga yang memicu Desfara untuk berpikir mengkolaborasikan dan memperkenalkan beberapa budaya dari Indonesia.

Dalam tulisannya, ia juga membagikan pengalamannya dalam mengikuti International Conference sebagai kegiatan inti. Pada kegiatan International Conference semua delegasi dari Universitas yang berbeda membawa berbagai isu dan permasalahan di Indonesia serta solusi yang diberikan terhadap masalah tersebut sesuai dengan 17 tujuan yang berada pada Sustainable Development Goals (SDGs). Dari isu dan solusi yang dibawakan nantinya akan dilakukan presentasi, tanya jawab dan diskusi bersama dari beberapa negara dan perhimpunan pelajar Indonesia.

Baca Juga :   HIMAHI "Fantastic International Relations Journalistic (FIRJ) 2018"

“Persiapan khusus yang saya lakukan untuk membawa isu dan solusi ialah pembuatan essay dan bahan presentasi berupa Power Point serta literatur yang mendukung. Isu yang saya ambil berkaitan dengan SDGs ke-3 yaitu good health and well-being khususnya pada target ke-2 mengenai kematian yang dapat dicegah di bawah usia 5 tahun serta solusi yang saya tawarkan berhubungan dengan revolusi industri 5.0. Di samping itu, persiapan lainnya ialah membuat poin-poin presentasi untuk disampaikan karena penyampaian presentasi hanya diberikan waktu selama 7 menit dan mempersiapkan materi yang bisa saya bawa sebagai bahan ajar di sekolah lokal Thailand, saat itu saya mengkolaborasikan dari latar belakang saya, ialah bidang kesehatan dengan proses belajar anak- anak. Tips dalam mempersiapkan ini ialah banyak berlatih, konsisten dan membaca banyak referensi. Sebenarnya menjadi juara 1 project SDGs dalam kegiatan ini tidak pernah saya sangka sebelumnya, namun atas izin Allah SWT semua dipermudah,” tulis Desfara.

Adapun langkah selanjutnya yang akan Ia lakukan, adalah berusaha memberikan manfaat yang berlanjut dari pengalaman yang didapatkan, baik untuk lingkungan sekitar maupun Universitas Nasional. Mulai dari tips-tricks serta langkah-langkah mengikuti keberagaman budaya yang ia dapat. Desfara yakin bahwa bukan hanya ia saja yang dapat berada di ajang Internasional Youth Experience. Namun, mahasiswa UNAS lain pun mampu mengikuti jejaknya.

Ia pun berharap, dirinya masih bisa diberi kesempatan untuk mencoba hal baru lainnya. Dengan rasa rendah hati juga, ia ingin mahasiswa UNAS lain nya dapat mengikuti ajang-ajang Internasional yang melebihi dirinya.

Kegiatan IYE 2024 merupakan kegiatan pertukaran pelajar dan konferensi internasional untuk mahasiswa/I dari seluruh Indonesia yang memiliki ketertarikan dalam isu global serta kemampuan dalam berbahasa dan berbudaya Indonesia. Memiliki 4 tahap seleksi yaitu tahap administrasi (biodata diri dan CV), tahap essay, tahap interview dan tahap forum group discussion (FGD). Kegiatan International Youth Experience 2024 memiliki beberapa kegiatan yaitu Konferensi International, Volunteer Mengajar, International Diplomatic, dan Eksplorasi Budaya. International Youth Experience 2024 bertujuan untuk menyiapkan generasi muda Indonesia agar memiliki kapasitas dan daya saing tinggi dengan wawasan global.

Baca Juga :   Pengenalan Lingkungan dan Budaya Akademik (PLBA) Wajib Bagi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023

International Youth Experience 2024 dilaksanakan di Thailand dan Malaysia pada 11 – 19 Maret 2024. Adapun tujuh mahasiswa/i yang terpilih mengikuti kegiatan ini datang dari enam kampus yaitu  (1) Universitas Nasional, (2) UPN Yogyakarta, (3) Universitas Muhammadiyah Purwokerto, (4) Universitas Brawijaya, (5) Universitas Indonesia, dan (6) Universitas Terbuka. (*DMS)

Bagikan :
Berita Terbaru
Pengumuman

Informasi Pengambilan KTM

  PENGUMUMAN Disampaikan Kepada Mahasiswa Angkatan 2022 Yang Masuk Pada Semester Ganjil Maupun Genap Dan Mahasiswa Angkatan 2023 Semester Ganjil.

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!