55 Mahasiswa UNAS Lakukan Pelatihan dan Uji Kompetensi Konsultan Pendamping UMKM

152 Mahasiswa UNAS Lakukan pelatihan dan uji kompetensi konsultan pendamping Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Jakarta (UNAS) –  55 Mahasiswa UNAS Lakukan pelatihan dan uji kompetensi konsultan pendamping Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Adapun pelatihan dan uji kompetensi tersebut diberikan kepada mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Kegiatan ini, sebagai langkah dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dalam pendampingan UMKM melalui kegiatan sertifikasi dan pendampingan UMKM.

Koordinator kegiatan Drs. Bambang Warsono. M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian yang perlu dilalui oleh mahasiswa sebelum nantinya dinyatakan layak menjadi seorang konsultan UMKM. Ia menambahkan, pelatihan yang diberikan berdasarkan unit kompetensi materi yang sudah ditetapkan oleh Negara.

Drs. Bambang Warsono. M.Si.
Drs. Bambang Warsono. M.Si.

“Jadi kami memberikan materi-materi yang sudah distandarkan, pengajar nya pun merupakan pengajar certified,” kata Bambang kepada tim humas pada Senin, (27/12) di Ruang Aula Universitas Nasional.

Ada tiga uji kompetensi yang dijalankan oleh para mahasiswa yaitu tes tertulis, tes wawancara, dan kelengkapan administrasi. Sebelumnya, para mahasiswa sudah melakukan pelatihan dengan terjun ke lapangan langsung dan mahasiswa diberikan kesempatan untuk memilih jenis UMKM apa yang mereka inginkan di wilayah DKI Jakarta.

“Jika dinyatakan kompeten maka mahasiswa berhak melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM dan mendapat sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Profesi  (LSP) yang bersangkutan,” ujarnya.

Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Rahayu Lestari, S.E., M.M., menyambut baik kegiatan yang melibatkan mahasiswa ini. Ia pun berterima kasih karena telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti pelatihan dan uji kompetensi ini.

Dr. Rahayu Lestari, S.E., M.M.
Dr. Rahayu Lestari, S.E., M.M.

Ia melanjutkan, pelatihan ini perlu diikuti mahasiswa agar dikemudian hari mampu memberikan manfaat kepada masyarakat. Selain itu, melalui pelatihan dan uji kompetensi ini dapat membantu mahasiswa dalam mencapai nilai untuk Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), setiap Mahasiswa yang akan menjalankan tugas akhir harus memiliki SKPI, dan harus mencapai kredit nilai tertentu.

Baca Juga :   Webinar Perpajakan 2022

“Mudah-mudahan para mahasiswa dinyatakan kompeten dalam uji kompetensi pendampingan UMKM ini. Selamat mengikuti rangkaian kegiatan semoga anda berhasil dan sukses,” ucap Rahayu. (*DMS)

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!