UNAS Sambut Mahasiswa Baru Melalui Character Building

JAKARTA ( UNAS) – Dalam rangka membangun karakter  yang berkualitas bagi mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018, Universitas Nasional menyambut kedatangan mahasiswa baru melalui kegiatan Character Building (CB). Kegiatan yang berlangsung selama  7-9 September 2017 ini bertujuan untuk mengenalkan kampus dan sistem pendidikan perkuliahan di UNAS.

Kegiatan ini bukanlah Ospek dan jauh dari kegiatan yang melibatkan kekerasan fisik dan mental yang menjadi momok selama ini. Kegiatan ini fokus kepada proses pendewasaan dan pembelajaran yang dilakukan secara tertib. Hal ini sesuai dengan himbauan dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kementistek DIKTI) melalui Keputusan Dirjen Dikti No. 25/DIKTI/Kep/2014 tentang Panduan Umum Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru.

Salah satu instruktur Drs Somadi, M.Pd mengungkapkan bahwa CB ditahun ini mahasiswa memiliki antusias yang sangat tinggi. Seluruh aktivitas yang ada pada penjadwalan dan seluruh tugas yang diberikan oleh instruktur dikerjakan dengan baik oleh peserta CB.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, untuk ditahun mendatang perlu untuk terus dilakukan dan ditingkatkan. Bagi mahasiswa yang ikut ini bisa menjadi pengalaman tersendiri untuk mereka” ujar Somadi.

Somadi selaku Dekan Fakultas Sastra juga menambahkan bahwa CB ini merupakan kegiatan yang berbeda dari kegiatan lain karena masih banyak yang menggunakan istilah ospek, sedangkan UNAS menggunakan sesuatu yang menyenangkan dan mempunyai nilai edukatif, tutup Somadi. 

Pada kegiatan ini, mahasiswa mengenal kampus UNAS melalui berbagai materi yang disampaikan oleh para instruktur di dalam kelas. Materi meliputi pengenalan Sistem Pendidikan Tinggi (PSPT) yang terdapat materi keUnasan, sistem akademik online, sistem pembayaran dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), kurikulum, wawasan kebangsaan, serta softskill dan integritas. Tak hanya itu, mahasiswa juga mendapatkan materi mengenai Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dimana mahasiswa ditugaskan untuk membuat proposal PKM sesuai dengan minat dan ide masing-masing secara berkelompok.

“Melalui CB ini kita bisa mendapat teman baru, pengalaman baru, pelajaran baru, dan dapat mengetahui ilmu yang sebelumnya kita tidak tahu,” ungkap salah satu peserta CB, Rahma Rosmalia dari program studi Manajemen. Rahma juga menambahkan bahwa CB ini dapat menjadi wadah pengenalan kampus yang baik karena mahasiswa baru mendapatkan materi langsung dari instruktur yang berkompeten di bidangnya.

Lain halnya dengan Nathania Putri, gadis dari program studi Administrasi Negara itu mengungkapkan bahwa CB ini dapat mengembangkan mahasiswa baru menjadi pribadi yang lebih dewasa.

 “Saya senang di CB ini teman-temannya gampang berbaur, selain itu CB UNAS ini juga berbeda dari kampus-kampus lain yang masih ada Ospek. Kita juga diajarkan membuat proposal PKM dan itu bermanfaat sekali karena saat SMA hanya diajarkan proposal yang sederhana saja, nah di kuliah ini diperdalam,” tutup Nathania.