Sastra Indonesia Ajak Mahasiswa Teladani Sutan Takdir Alisjahbana

Jakarta ( UNAS) – Dalam rangka memperingati  Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016, Fakultas Sastra Program Studi Sastra Indonesia Universitas Nasional mengadakan seminar bertajuk “Menggugah Semangat Pemuda Melalui Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia”. Acara yang berlangsung di ruang aula blok 1, Senin (31/10) ini dihadiri puluhan mahasiswa dari lintas program studi. Hadir sebagai narasumber dalam seminar ini adalah Dr.Wahyu Wibowo, M.M, Dr. Kasno Atmo Sukarto, M.PD serta Drs Somadi Sosrohadi, M.Pd.

Acara yang dibuka oleh Kepala Program Studi Sastra Indonesia Somadi Sosrohadi ini terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya, Parade Puisi karya Sutan Takdir Alisjahbana serta Diskusi Kebahasaan dan Kesastraan. Alasan terpilihnya karya Sutan Takdir Alisjahbana menjadi bagian dari seminar ini dikarenakan sumbangsih serta perjuangan dari Sutan Takdir Alisjahbana ( STA) dalam Bidang Bahasa dan Kesusastraan Indonesia yang begitu besar dan luas pengaruhnya bagi sejarah dan perkembangan Bahasa Indonesia hingga saat ini. “Tujuan dari seminar ini adalah  untuk mengingatkan dan menyadarkan kepada generasi muda akan pentingnya mempelajari dan mengembangkan keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar”, tutur Somadi

Sedangkan menurut Wahyu Wibowo peran STA didalam memajukan Bahasa Indonesia sangatlah besar STA merupakan inisiator perintis Dewan Pers Nasional. STA jualah yang memperjuangkan agar Bahasa Indonesia dapat menjadi Bahasa Internasional seperti bahasa – bahasa asing lainnya. “Buah pemikiran STA sangatlah Visioner dan Modern beliau tidak ingin rakyat Indonesia berada didalam keterbatasan dan ketertinggalan didalam kemajuan Ilmu dan Teknologi. STA merupakan seorang Jurnalis, Budayawan, Politikus, Filosof, serta Novelis,” ungkap Wahyu.( PIB*).