Yudisium Fakultas Ilmu Kesehatan Semester Ganjil 2021/2022

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (Unas) – Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional kembali mengukuhkan calon wisudawan melalui prosesi yudisium semester ganjil tahun ajaran 2021/2022, pada Sabtu (18/06). Digelar secara onsite di Auditorium Cyber Library Unas, kegiatan ini mengusung tema ‘Tantangan Era Globalisasi Bagi Tenaga Medis dalam Menjalankan Profesi’.

Ketua panitia yudisium, Dr. dr. Andi Julia Rifiana, M.Kes. mengatakan, yudisium ini diikuti sebanyak 232 lulusan yang berasal dari program studi Ilmu Keperawatan dan Sarjana Terapan Kebidanan.

“Dari kedua program studi tersebut, sebanyak 118 lulusan berasal dari program studi Ilmu Keperawatan, dan 114 lulusan dari program studi Sarjana Terapan Kebidanan,” ujarnya. 

Dalam sambutannya, Dekan FIKES Unas, Dr. Retno Widowati, M.Si., mengatakan, yudisium ini merupakan pelepasan internal yang rutin dilaksanakan oleh FIKES, sebelum pemindangan kuncir toga oleh Rektor dalam prosesi wisuda. 

Dr. Retno Widowati, M.Si.,
Dr. Retno Widowati, M.Si.,

“Melalui yudisium ini, kami juga memberikan apresiasi kepada lulusan terbaik FIKES, serta menghadirkan motivator sebagai narasumber untuk memberikan bekal dan wawasan sebelum terjun ke dunia pekerjaan. Mudah-mudahan momen ini bisa bermanfaat dan menjadi kenangan baik bagi para lulusan,” tutur Dekan. 

Hadir sebagai narasumber, Professional Coach Fatwa A Syawal mengatakan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para lulusan setelah lulus dari tahap perkuliahan. “Para lulusan harus bisa menganalisis kira-kira ingin bekerja, membuka usaha, melanjutkan kuliah, atau yang lainnya. Hal ini merupakan langkah pertama yang harus dipikirkan setelah lulus,” katanya. 

Meski demikian, lanjut Fatwa, hal-hal tersebut tetap membutuhkan kompetensi dan wawasan yang baik agar mudah bersaing dengan para lulusan lainnya. “Selain itu, para lulusan juga harus tetap mengasah  soft skill maupun hard skill agar bisa bersaing dengan ribuan tenaga kesehatan lainnya. Kemanapun langkah selanjutnya, skill harus tetap diasah karena ini menjadi poin penting dalam dunia pekerjaan,” jelasnya 

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan yudisium oleh Wakil Dekan FIKES, Dr. Rukmaini, SST., M.Keb., serta pengumuman lulusan terbaik dari masing-masing program studi. 

Adapun lulusan terbaik program studi Keperawatan diraih oleh Afifah Nadidah dengan IPK 3,95 sebagai peringkat pertama, Eneng Aminah dengan IPK 3,94 sebagai peringkat kedua, serta Maulidya Fadila dengan IPK 3,88 sebagai peringkat ketiga. 

Sementara itu, lulusan terbaik program studi Sarjana Terapan Kebidanan diraih oleh Indah Purnama Sari dengan IPK 3,89 sebagai peringkat pertama, Yasmin Nizmadilla dengan IPK 3,87 sebagai peringkat kedua, serta Fadila Nur’aini dengan IPK 3,84 sebagai peringkat ketiga. 

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan sumbangan alumni dari Prodi Ilmu Keperawatan yakni televisi 56 inch, serta sumbangan 3 lemari arsip dari Prodi Sarjana Terapan Kebidanan. Seluruh alumni FIKES juga mendapatkan kenang-kenangan berupa kartu alumni yang bisa digunakan sebagai e-money, dan diberikan langsung oleh Dekan FIKES. (NIS)

Berita Terbaru
Chat with Us!