Kuliah Kerja Lapang Mahasiswa Prodi Agroteknologi

JAKARTA – Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Nasional (UNAS) melangsungkan kegiatan Kuliah Kerja Lapang (KKL) pada 10-22 Juli 2017. Kegiatan ini mengangkat tema “Menggali Potensi Lokal dalam Memajukan Pertanian melalui Pertanian Terpadu dan Berkelanjutan (Integrated and Suistanable Agriculture)”.  Hal ini dikarenakan potensi sumberdaya alam yang dimiliki Indonesia begitu besar terutama tanaman (pertanian). SDA tersebut belum dimanfaatkan secara optimal sehingga perlu digali dan dikelola supaya berdaya guna dan berkesinambungan.

Ketua panitia KKL Ir. Etty Hesthianti, M.Si. menuturkan bahwa KKL ini merupakan bagian dari mata kuliah wajib di semester 6 yang diambil oleh mahasiswa agroteknologi dengan persyaratan minimal telah mencapai 102 sks. “Saya harap dengan adanya KKL ini mahasiswa jadi tahu permasalahan pertanian di lapangan karena mereka nantinya akan kerja di bidang pertanian. Selain itu, mereka dapat memajukan pertanian Indonesia dan memikirkan apa yang akan dikerjakannya setelah KKL ini” tutupnya.

Tujuan kegiatan yang berlokasi di Desa Petarangan, Kecamatan Kledug, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah ini diantaranya untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa baik akademik dan non akademik, mengembangkan dan mengarahkan minat mahasiswa untuk mengkaji masalah dibidang pertanian, serta sebagai sarana bagi dosen dan mahasiswa untuk melaksanakan ketiga aspek dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Selama KKL, para peserta dididik secara sistematis dengan berbagai metode penelitian. Selain itu, pelatihan skill juga dilakukan agar peserta didik tidak hanya memahami secara teori saja, tapi juga menganaslisis secara krisis. Diharapkan selepas kegiatan ini, Fakultas Pertanian UNAS  dapat melahirkan calon-calon professional muda yang bertanggung jawab dan siap bersaing dalam dunia kerja yang semakin kompetitif.

Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan yaitu survei pada petani sayuran dataran tinggi dan petani tembakau, diskusi dengan Kelompok Tani dan PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) setempat, kunjungan ilmiah ke Pabrik Gula Madukismo, kunjungan ilmiah ke UPTD BPSBP (Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Pertanian) Daerah Istimewa Yogyakarta, kunjungan ilmiah ke Kebun Buah Naga Sabila Farm, kunjungan ilmiah ke Kebun Pertanian Salak Terpadu, Yogyakarta, studi lapang di Hutan Mangrove, Yogyakarta, wisata ilmiah Candi Borobudur, dan Wisata Ilmiah Pantai Jati Malang.

Kegiatan ini dibimbing oleh kepanitiaan KKL diantaranya Dekan Fakultas Pertanian, Ir. Inkorena G.S. Sukartono, M.Agr selaku pengarah, Wakil Dekan Fakultas Pertanian Ir. Farida, MM dan Ketua Program Studi Agroteknologi Ir. Tri Waluyo, M.Agr selaku penanggung jawab, Ir. Etty Hesthiati, M.Si. selaku Ketua, Wasilan , S.H. dan Urip Setyono selaku pembantu umum, dan Saptomo Setiawan, SP, MM selaku Koordinator Lapang.