UNAS Siap Jadi PTS Unggulan 2013

Dari 349 perguruan tinggi swasta di Jakarta, hanya 8 Universitas yang terpilih sebagai calon PTS Unggulan 2013. Unas merupakan salah satu diantaranya.

JAKARTA (UNAS) – Universitas Nasional (UNAS) siap menjadi Perguruan Tinggi Swasta Unggulan Tingkat Kopertis Wilayah III Tahun 2013. Hal ini terungkap dalam verifikasi Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Tingkat Kopertis Wilayah III Tahun 2013, Selasa (3/12). Dalam verifikasi data tersebut, Unas memaparkan program-program unggulannya di depan tim juri dan kopertis wilayah III.

Tim juri terdiri dari Prof. Dr. Muljani A. Nurhadi, M.Ed., Ms., Ed.D dari Universitas Indraprasta PGRI dan Prof. Dr. Ir. Sulistyoweni Widanarko, DipISE, SKM dari Universitas Indonesia. Para juri tersebut didampingi oleh tim dari Kopertis Wilayah III meliputi Sri Mastuti, M.Kom, Norsanty, S.Kom dan Tri Munanto, S.E.

Menurut Prof. Dr. Muljani, verifikasi data dilakukan dalam rangka penilaian untuk mencari PTS Unggulan 2013 yang sedang dilakukan oleh Kopertis Wilayah III. Pemilihan PTS Unggulan merupakan wujud apresiasi dan penghargaan kepada PTS yang telah secara luar biasa melakukan usaha pengembangan dan peningkatan kualitas penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi untuk peningkatan mutu lulusan pendidikan tinggi.

“Tidak semua PTS dapat mengikuti pemilihan PTS Unggulan 2013. Kopertis Wilayah III melakukan lima tahap penyeleksian, mulai dari seleksi dokumen yang dilihat dari laporan EPSBED (Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri), pengiriman borang kualitatif dan kuantitatif yang disyaratkan oleh Kopertis Wilayah III hingga Desk Evaluation,” ungkap Prof. Dr. Muljani.
Setelah lulus Desk Evaluation, lanjutnya, PTS akan dikunjungi oleh tim juri untuk melakukan verifikasi data. Namun, tidak semua perguruan tinggi divisitasi. Unas termasuk salah satu yang beruntung untuk divisitasi tim juri dari Kopertis Wilayah III.

“Dari 349 PTS yang ada di Jakarta, 37 perguruan tinggi terseleksi sebagai bakal calon PTS Unggulan. Dari jumlah tersebut, tersortir kembali menjadi 20. Namun, kami hanya mevisitasi 16 perguruan tinggi. Unas merupakan salah satu dari 8 universitas yang divisitasi,” papar Sri Mastuti dari Kopertis Wilayah III.

Nantinya, jika lulus tahap verifikasi, Unas akan masuk ke tahap selanjutnya yaitu mempresentasikan keunggulan-keunggulannya di Kopertis Wilayah III.