Student Exchange Mahasiswa Bahasa Korea di Daegu Catholic University, Korea Selatan

Jakarta (UNAS) – Hubungan kerjasama antara Universitas Nasional, Jakarta dengan Daegu Catholic University, Korea Selatan terus terjalin dengan baik. Salah satunya, kembali dilaksanakannya program tahunan yaitu program student exchange dengan mengirim sebanyak 7 mahasiswa Program Studi (Prodi) Bahasa Korea berangkat ke Korea Selatan.

 Program ini dilaksanakan 1 kali dalam 1 tahun sesuai dengan kalender akademik yang telah disesuaikan dengan perkuliahan di Daegu Catholic University. Namun, program pada tahun 2021 ini dilaksanakan pada semester musim semi karena tertunda akibat situasi pandemi yang terjadi. Selama program berlangsung, mahasiswa tinggal di asrama Daegu Catholic University dan melakukan karantina mandiri di lokasi yang sama selama 14 hari sesuai dengan kebijakan pemerintah Korea Selatan.

Prodi Bahasa Korea sangat mendukung kegiatan ini dan membuka peluang besar bagi para mahasiswa yang memiliki ketertarikan dan keseriusan terhadap program ini. Selain itu, prodi mendampingi mahasiswa baik dari persiapan dokumen, keberangkatan, persiapan belajar selama di Daegu Catholic University sampai akan kembali ke tanah air.

“Kegiatan pertukuran ini merupakan salah satu bentuk dukungan Program Studi dalam menyelenggarakan Kampus Merdeka belajar. Nilai mata kuliah yang dipelajari di Deagu Catholic University, akan dikonversi ke dalam nilai akademik online Universitas Nasional (dengan catatan), sehingga mahasiswa tetap dapat lulus sarjana tepat waktu,” ungkap Ketua Prodi Bahasa Korea, Fahdi Sachiya, S.S., M.A., saat diwawancarain oleh Humas Universitas Nasional pada hari Selasa (23/03).

Para mahasiswa program student exchange akan berkuliah selama satu semester di Daegu Catholic University. Selain mengikuti kegiatan perkuliahan, para mahasiswa juga berencana aktif mengikuti kegiatan yang disediakan oleh Daegu Catholic University.

“Kami akan mengikuti tutor Bahasa Korea yang disediakan oleh Daegu Catholic University dan juga ada rencana untuk mengikuti kegiatan volunteer yang diumumkan oleh kampus,” tutur salah satu mahasiswa program student exchange, Adela Keysia Hutapea yang diwawancarai melalui WhatsApp oleh Humas Universitas Nasional pada hari Selasa (23/03).

Melalui program student exchange ini, Adela menyampaikan harapannya, “Diharapkan kami dapat memperluas wawasan dan dapat belajar secara langsung mengenai bahasa dan budaya di Korea Selatan, serta juga mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Korea,” harapnya.

Ketua Prodi Bahasa Korea juga berharap agar pengalaman yang diperoleh para mahasiswa selama mengikuti program ini dapat bermanfaat dan digunakan dalam kehidupan di masa yang akan datang. “Harapan kami kepada mahasiswa, yaitu mahasiswa memiliki kepercayaan diri yang lebih baik daripada sebelumnya, kemampuan Bahasa Korea yang berkembang, mental yang teruji, dan pengalaman-pengalaman hidup selama belajar, bersosialisasi di negara Korea Selatan,” harap Fahdi.

Foto bersama Para Mahasiswa Program Studi Bahasa Korea UNAS dengan Dosen dari Daegu Catholic University (masker hitam) saat program Student Exchange tahun 2021
Foto bersama Para Mahasiswa Program Studi Bahasa Korea UNAS dengan Dosen dari Daegu Catholic University (masker hitam) saat program Student Exchange tahun 2021

Mahasiswa Program Studi Bahasa Korea, Universitas Nasional Angkatan 2018, yang mengikuti program Student Exchange ke Daegu Catholic University, Korea Selatan :

  1. Adela Keysia Hutapea
  2. Alika Nur Izzati
  3. Jardinia Putri Anjani Lapalonga
  4. Nadya Qudsiyah
  5. Noviani Wulandari
  6. Romiza Casayetha Salsabila
  7. Vidya Austi Marlita Mulya

(*ARS)