Siap Jadi Peneliti di Masa Pandemi, Mahasiswa Fakultas Biologi Lakukan KKL

Jakarta (Unas) – Saat ini, Indonesia dan hampir sebagian negara di dunia tengah menanagani pandemi Covid-19. Hampir dua tahun pandemi berjalan, beragam cara pencegahan dan penanganan dilakukann untuk mengurangi dampaknya. Tak terlepas dari kegiatan perkuliahan mahasiswa Fakultas Biologi Program Studi Biologi Universitas Nasional (Unas), masa pandemi mengharuskan mahasiswanya untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru, salah satunya ialah Kuliah Kerja Lapang (KKL).

 “Tidak seperti dua tahun sebelumnya, kami dari pihak Fakultas Biologi selalu mencari cara bagaimana kegiatan KKL ini dapat dengan maksimal dilakukan meski di masa pandemi, sehingga mahasiswa dapat belajar menjadi ahli biologi” tutur dekan Fakultas Biologi Unas, Dr. Tatang Mitra Setia.

Lebih lanjut, ketua Panitia KKL, Drs. Ikhsan Matondang, M.Si menambahkan bahwa untuk menyikapi masa pandemi tahun ini, kegiatan KKL 2021 harus mengikuti peraturan dari pemerintah, salah satunya ada menghindari kerumunan dengan membagi beberapa lokasi penelitian dan melakukan tes antigen untuk mahasiswa yang akan masuk ke kawasan penelitian.

Ia melanjutkan, kegiatan KKL ini terbagi menjadi 12 kelompok bidang penelitian, yakni Fitokimia, Vegetasi (Anggrek), Pangan, Perairan, Mamalia, Primata, Lingkungan, Serangga, Jamur, Biofarmaka, Hematologi, dan Ornithologi. Sementara terdapat 6 lokasi penelitian yang akan digunakan sebagai tempat pengambilan data yaitu Taman Nasional Kepulauan Seribu, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kebun Raya Bogor, Arboretum Cibubur, Kampoeng Djamoe Organik, dan beberapa lokasi perkotaan di Jakarta.

“Dengan melakukan kegiatan penelitian di beberapa lokasi yang berbeda, selain dapat mengurangi resiko penyebaran atau infeksi virus corona, kegiatan KKL 2021 akan mendapatkan informasi keanekaragaman hayati dan lingkungan secara lebih luas, terutama di masa pandemi ini,” tutur Ikhsan.

Terkait dengan hal tersebut, tambahnya, Fakultas Biologi akan memiliki data dasar dari berbagai lokasi yang nantinya dapat dijadikan bekal penelitian mahasiswa atau bahkan dimulainya kerjasama baru dengan pihak pengelola.

“Dimulai pada bulan Maret 2021, diharapkan seluruh hasil akan dipresentasikan pada bulan Juli 2021. Sebagai tahapan awal kegiatan KKL, mahasiswa diwajibkan untuk membuat proposal penelitian sesuai dengan bidang penelitian yang dipilih,” lanjutnya.

Proposal penelitian ini kemudian akan ditinjau oleh pihak Fakultas Biologi dan Panitia KKL tentang keilmiahan dan kesesuaian teori yang mahasiswa dapat pada saat perkuliahan. Lebih lanjut, Ikhsan mengatakan bahwa hal paling penting dari sebuah penelitian adalah kesesuaian metode, landasan teori, dan hipotesa yang akan dijawab. Menurut dosen Fakultas Biologi itu, hal ini perlu disiapkan oleh masing-masing mahasiswa agar nanti siap menjadi ahli atau peneliti. Adapun pengambilan data di lapangan sudah dimulai sejak bulan Mei 2021 dan diharapkan kegiatan Analisa sampel di laboratorium Unas dapat dilakukan di bulan Juni.

Dengan mengusung tema “Menjadi Ahli Biologi di Masa Pandemi”, Ikhsan berharap, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi penyemangat mahasiswa Fakultas Biologi Unas untuk menjadi seorang peneliti di masa depan. Selain itu, pengalaman di lapangan juga dapat digunakan mahasiswa sebagai bekal persiapan kegiatan akhir perkuliahan dalam penyusunan skripsi. (NIS)