Prodi Manajemen FEB Unas Gandeng Asosiasi Fintech dan Digital Marketing Indonesia Untuk Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Jakarta (UNAS) – Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) melakukan penjajakan untuk merealisasikan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu yang dibahas dalam penjajakan tersebut kemungkinan mahasiswa yang akan mengambil kurikulum MBKM disalurkan ke perusahaan-perusahaan di bawah asosiasi tersebut.

Kesepakatan ini merupakan salah satu pembahasan dari rapat Kurikulum Progdi Manajemen FEB Unas dengan AFPI yang digelar secara online pada Senin (02/08/2021). Hadir dalam rapat tersebut, Dekan FEB Unas Kumba Digdowiseiso,SE,M.App,Ec,Ph.D, Ketua Prodi Manajemen FEB Unas Muhani, SE., M.Si.M., Sekprodi Manajemen Subur Karyatun, SE., MM., Ketua Prodi Akuntansi Dr. Bambang Subiyanto, S.Ak., CPA., dosen Akuntansi FEB Unas Dr Zumratul Meini, SE., M.S.E., MS.Ak, serta Gledys Siregar serta Dhea dari AFPI.

Dalam rapat kurikulum tersebut disampaikan beberapa hal, salah satunya adalah bahwa selama ini Prodi Manajemen FEB Unas telah memiliki matakuliah “Finance Technology”. Melalui mata kuliah ini, kurikulum MBKM bisa direalisasikan dalam bentuk kegiatan magang mahasiswa ke perusahaan-perusahaan finnce.

AFPI sendiri menanggapi positif kurikulum MBKM. Karenanya, AFPI sedang menjajaki kemungkinan mahasiswa untuk magang ke perusahaan-perusahaan di bawah asosiasinya. Sebagai bagian dari dukungan terhadap MBKM, maka program tersebut diharapkan tidak hanya meliputi kuliah magang, tetapi juga sertfikasi, serta riset.

Kerjasama Dengan Digimind

Pada hari yang sama, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional juga menjalin kerjasama dengan DIGIMIND (Asosiasi Digital Marketing Indonesia) ADMI terkait dengan program kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Hadir dalam rapat tersebut, Dekan FEB Unas Kumba Digdowiseiso,SE,M.App,Ec,Ph.D, Ketua Prodi Manajemen FEB Unas Muhani, SE., M.Si.M., Sekprodi Manajemen Subur Karyatun, SE., MM., Ketua Prodi Akuntansi Dr. Bambang Subiyanto, S.Ak., CPA., dosen Akuntansi FEB Unas Dr Zumratul Meini, SE., M.S.E., MS.Ak, serta Gusti dan Bowo dari Digimind ADMI.

Dalam rapat kurikulum tersebut, Prodi Manajemen FEB Unas menyampaikan adanya matakuliah Pemasaran Digital untuk mahasiswa program studi manajemen. Karena itu, program MBKM bisa direalisasikan dengan DIGIMIND, terutama terkait dengan sertifikasi kompetensi, riset, dan magang.

Meresepon hal ini, Digimind ADMI menyampaikan bahwa pihak telah merumuskan CPL terkait dengan digital marketing. Selain itu, Digimind ADMI juga telah mendapatkan izin dari BNSP untuk menerbitkan sertifikat kompetensi. Karena itu, skema MBKM juga memungkinkan diterapkan dalam lingkup ADMI.(*)