Bahas Beberapa Agenda Rutin, BPM Unas Lakukan Rapat Koordinasi BPM dan UPM

Dr. Erna Ermawati Chotim, M.Si.

Jakarta (Unas) – Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Nasional (Unas) lakukan rapat koordinasi secara daring, pada Rabu (13/02). Kegiatan yang dilakukan melalui zoom meeting ini membahas beberapa agenda yakni koordinasi monitoring dan evaluasi (monev), koordinasi laporan Audit Mutu Internal (AMI), informasi pengumpulan materi pembelajaran, serta informasi pedoman laporan pemantauan dari  Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi  (BAN-PT).

Kepala BPM Unas, Dr. Erna Ermawati Chotim, M.Si. mengatakan, monev menjadi salah satu unsur penting pada saat akreditasi dan pelaksaan AMI. “Laporan monev pembelajaran merupakan keharusan. Kami sekarang masih menunggu laporan dari program studi yang belum mengumpulkan,” ujarnya saat sambutan dalam rapat tersebut.

Erna melanjutkan, pengumpulan materi pembelajaran juga berhubungan dengan monev. Hal ini akan dikumpulkan oleh BPM sebagai arsip untuk akreditasi kedepannya. “Sementara pemantauan evaluasi peringkat akreditasi, kita diberikan satu kesempatan untuk akreditasi secara berkelanjutan atau otomatis oleh BAN-PT. Namun, perpanjangan secara otomatis oleh BAN-PT tidak berarti pemantauan evaluasi akreditasi,” tegasnya.

Menurut Erna, setiap program studi juga harus memiliki arsip dokumen kegiatan-kegiatan yang dilakukan, karena pemantauan evaluasi BAN-PT akan meminta program studi atau universitas untuk melakukan monitoring terkait akreditasi.

“Fakultas atau Prodi juga sebaiknya mendokumentasikan kegiatan apapun secara tertulis agar dapat ditracking proses dan outputnya. Sehingga hal ini bisa memberikan kemudahan ketika kita membutuhkan dokumentasi untuk data yang diminta,” tutur dosen Prodi Sosiologi itu.

Ia menambahkan, koordinasi secara rutin penting dilakukan mengingat salah satu indikator yang akan dilihat dalam pemantauan dari BAN-PT yaitu monev pembelajaran onsite atau online, serta AMI di universitas.

Kegiatan yang berlangsung pukul 09.00 hingga 12.00 WIB ini turut dihadiri oleh Kepala Bidang Evaluasi Capaian dan Pengembangan Standar Mutu BPM Unas, Muhani, S.E., M.Si.M.; Kepala Bidang Implementasi SPMI dan SPME BPM Unas, Ir. Endah Tri Esthi Handayani, MMSI.; Kepala Bidang Perencanaan, Pengembangan dan Monev Pembelajaran, Dr. Zumratul Meini, S.E., M.S.E., M.S.Ak. serta beberapa dosen lainnya. (NIS)