WISUDA LEBIH DARI SERIBU MAHASISWA, UNIVERSITAS NASIONAL KEMBALI LULUSKAN MAHASISWA ASING

JAKARTA (UNAS) – Universitas Nasional kembali menyelenggarakan kegiatan wisuda. Kali ini, terdapat lebih dari seribu orang wisudawan yang akan dilantik untuk prosesi wisuda periode II tahun 2016/2017. Wisudawan tersebut berasal dari jenjang DIII, DIV, S1 dan S3, dimana 19 diantaranya adalah mahasiswa asing asal Tiongkok.
Jumlah wisudawan yang akan dilantik di Jakarta Convention Center, Minggu (29/10) berjumlah 1.102 orang. Jumlah ini terdiri dari 47 wisudawan program magister, 329 wisudawan program sarjana 540 wisudawan program diploma empat dan 56 wisudawan program diploma tiga. Program studi Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan meraih rekor tertinggi untuk jumlah wisudawan dengan mewisuda 540 lulusan.

‘’Lulusan ini berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, yang turut menunjukkan besarnya kepercayaan masyarakat kepada Universitas Nasional sebagai tempat belajar dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,’’ ungkap Rektor Unversitas Nasional, Dr. El Amry Bermawi Putera, dalam pidatonya.

Pada wisuda periode ini, Unversitas Nasional juga meluluskan 19 orang mahasiswa asing asal Guangxi University, Tiongkok. Pada wisudawan ini telah berhasil menyelesaikan program S1 dan S2 di Universitas Nasional, yaitu di program studi Manajemen Fakultas Ekonomi, Fakultas Sastra dan program studi S2 Manajemen.Tak cukup hanya mengenyam pendidikan sarjana, sebagian dari mahasiswa tersebut saat ini meneruskan pendidikannya ke jenjang magister S2 di Universitas Nasional.

‘’Ini adalah kali kedua Universitas Nasional meluluskan mahasiswa asing. Dari mahasiswa Tiongkok yang lulus tersebut, ada satu yang meneruskan ke program Magister Hukum dan tiga melanjutkan ke Magister Sains Manajemen Universitas Nasional. Mudah-mudahan suasana pengajaran dan kemudahan akses pendidikan, menjadikan Universitas Nasional salah satu pilihan favorit mahasiswa asing untuk melanjutkan pendidikannya di Indonesia,’’ ujar El Amry.

Selain meluluskan mahasiswa asing, saat ini teradapat 29 mahasiswa asing yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Nasional dari Quangxi University dan Minnan University, Tiongkok. Ke-29 mahasiswa tersebut terdiri dari 13 orang mahasiswa asing di Fakultas Ekonomi, 10 orang di Fakultas Sastra dan 6 orang mengikuti pelatihan pengajaran Bahasa Mandarin di Pusat Kajian Budaya Tionghoa Universitas Nasional.

 Adapu nama – nama wisudawan/i terbaik  yang  berhasil menyelesaikan studi tepat waktu ( cum laude) dengan Indeks Prestasi Kumulatif ( IPK) tertinggi adalah : 

1. Ahmad Rizaldi, dari program studi Magister Sains Manajemen dengan IPK 3,91;
2. Ramdani Febrian dari proram studi Hubungan Internasional FISIP dan Siti Nurhasanah dari program studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dengan IPK masing-masing 3,85;
3. Anissa Yogasara Dewi dari program studi Bahasa Korea, Akademi Bahasa Asing Nasional dengan IPK 3,94;
4. Susanti dari program studi Perhotelan, Akademi Pariwisata Nasional dengan IPK 3,90;
5. Hipatios Wirawan Labut, dari program studi Ilmu Hukum, fakultas Hukum dengan IPK 3,77;
6. Aliyyah Lathifa dari program studi Biologi, Fakultas Biologi dengan IPK 3,73;
7. Karrilah Ke-Zi’ah B dari program studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra dengan IPK 3,64.
Selain itu, masih ada 292 wisudawan yang lulus dengan predikat cum laude