Webinar Manajemen : Pelaku Bisnis Didorong Melakukan Pemasaran Bisnis Melalui Digital Di Masa New Normal

Jakarta (UNAS) – Bisnis menjadi sektor yang sangat terdampak dengan adanya virus covid-19. Tak sedikit usaha kecil menengah yang merasakan krisis di tengah pandemi. Namun, Saat ini pemerintah telah menjalankan fase new normal untuk menghindari krisis ekonomi. Dimana beberapa sektor yang masuk dalam kategori bisnis telah kembali dibuka. Hal tersebut menjadi angin segar bagi pelaku usaha namun tak semata-mata membuat penjualan menjadi normal kembali sehingga perlu strategi pemasaran bisnis yang tepat agar usaha kecil menengah dapat kembali survive di masa new normal covid-19.

Dalam Webinar Manajemen yang diadakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional Asisten Deputi Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Destry Anna Sari mengatakan digitalisasi menjadi satu cara yang tepat dalam memasarkan produk saat new normal covid-19.

“Digitalisasi merupakan satu satunya jalan dalam kondisi seperti ini yaitu laman, marketplace, dan social media sehingga perlu kita mendorong para pelaku usaha beralih ke digital,” kata Destry, di Jakarta, pada Rabu (15/7).

Dalam mendorong pelaku usaha untuk memasarkan produknya melalui digital, Kementerian Koperasi dan UKM melakukan literasi digital melalui kanal web yang dapat diakses untuk pelatihan webinar. “Ini penting karena yang masuk ke marketplace kebanyakan adalah produsen UMKM, kami juga membantu usaha mikro yang belum siap ke digital, kita dampingi untuk ground ke marketplace,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Founder EFG-ERFOLGHABEN Ferdian Aryo Kusuma menyebut masih banyak pelaku usaha yang belum memahami bagaimana menjual produknya melalui digital. Hal itu, lanjutnya, kurangnya literasi dan informasi yang didapat oleh pelaku usaha sehingga banyak yang terpaksa harus gulung tikar.

“Di masa covid-19 kita harus mendigitalkan bisnis kita apapun itu, karena sudah tidak memungkinkan pelanggan datang ke toko, atau membuat event, jadi satu-satunya memang melalui digital,” ucap Ferdian.

Sementara itu, Ketua Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAS Dr. Rahayu Lestari, S.E., M.M. menjelaskan dalam menjalankan bisnisnya dimasa new normal berbagai perusahaan melakukan berbagai upaya melalui konten-konten kreatif yang kemudian di iklankan atau dipublikasikan melalui digital. Menurut Rahayu, langkah tersebut sangat efektif karena dapat memberi informasi kepada pelanggan upaya apa yang dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan sehingga pelanggan tidak merasa khawatir untuk datang langsung

“Pelaku usaha bisa menggunakan kemajuan teknologi dengan membuat konten yang kreatif seperti short video apa yang disiapkan oleh pelaku usaha untuk menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan maupun pelanggan. Dengan begitu pelanggan akan merasa aman tanpa perlu khawatir,” jelas nya. (*DMS)

Bagikan :

Info Mahasiswa

Related Post

Management Day 2024: HIMAJEM UNAS Ajak Mahasiswa Membangun Organisasi Visioner
IT Talks : Most Wanted Profession in IT Field
KONTINGEN UNAS BERLAGA DI POMDA DKI TAHUN 2008
Prodi Korea UNAS Terima Pertukaran Pelajar dari Chung-Ang University, Korea
LPPM UNAS Bentuk Forum Riset dan Inovasi, Dorong Dosen Ajukan Proposal Penelitian
HIMABAKOR Lakukan Pertukaran Budaya antara Universitas Nasional dengan Universitas Chung-Ang Korea Selatan

Kategori Artikel

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2025/2026

Hari : RABU

SESI : 1

Tanggal : 24 September 2025

Pukul : 07.00 – 12.00 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
  4. FAKULTAS TEKNOLOGI  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

SESI : 2

Pukul : 13.00 – 16.00 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS HUKUM
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Hari : Kamis

Tanggal 25 September 2025

Pukul : 07.00 – 16.00 WIB

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
  4. FAKULTAS TEKNOLOGI  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  5. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  6. FAKULTAS HUKUM
  7. FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  8. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional