Wawasan Kebangsaan Untuk Mahasiswa

unas-wawasankebangsaan1
Pelatihan mulai disosialisasikan melalui Universitas di Jakarta, salah satunya adalah Universitas Nasional (UNAS). ‘Pelatihan Pelopor Wawasan Kebangsaan dan Pelopor Pembauran Kebangsaan dan Penggerak Pembauran Bangsa Angkatan Ke-I’
 
Jakarta [UNAS] – Dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (BAKESBANGPOL) Provinsi DKI Jakarta mengadakan pelatihan wawasan kebangsaan untuk masyarakat. Pelatihan mulai disosialisasikan melalui Universitas di Jakarta, salah satunya adalah Universitas Nasional (UNAS). ‘Pelatihan Pelopor Wawasan Kebangsaan dan Pelopor Pembauran Kebangsaan dan Penggerak Pembauran Bangsa Angkatan Ke-I’ diadakan selama dua hari 24-25 November 2015 di Aula Blok 1 Lantai 4.

Pemateri di hari pertama disampaikan oleh Anugrah Kurniawan dari BAKESBANGPOL dan Dr. TB. Massa Djafar dari UNAS serta dimoderatori oleh Dr. Firdaus Syam MA.

Pembauran dan pelatihan ini diadakan dalam mewujudkan Peraturan Kementrian Dalam Negeri No. 34 Tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembauran Kebangsaan di Daerah dan Permendagri No. 71 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan.

“Wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI,” ujar Anugrah saat menjelaskan isi dari Permendagri.

Selain itu, Anugrah juga menjelaskan bahwa penyelenggaraan pembauran kebangsaan adalah proses pelaksanaan integrasi anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, etnis, melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidikan, perekonomian untuk mewujudkan kebangsaan Indonesia tanpa harus meninggalkan identitas ras, suku, dan etnis masing-masing dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia. (Dian Afriliani)

 
Baca Juga :   Grand Launching 10 Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan 1 Plaza Reformasi
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!