UPT IWM Dorong Mahasiswa Tumbuhkan Semangat Berwirausaha

Jakarta (Unas) – UPT Inkubator Wirausaha Mandiri (UPT IWM) Universitas Nasional (Unas) dorong para mahasiswa untuk menumbuhkan semangat berwirausaha. Hal ini dilakukan melalui Seminar Kewirausahaan yang dihelat secara onsite, di Aula Blok I lantai IV Unas, Selasa (16/01). Kepala UPT IWM Unas, Dr. Ir. Farida, MMA. mengatakan, jiwa berwirausaha perlu ditanamkan kepada mahasiswa sejak duduk di bangku kuliah, mengingat adanya ketidakseimbangan antara tenaga kerja dan lapangan pekerjaan di Indonesia.

Kepala UPT IWM Unas, Dr. Ir. Farida, MMA.

“Oleh karena itu, guna mengatasi pengangguran, kampus sudah seharusnya mendorong para mahasiswa dan membantu melahirkan wirausaha baru agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri,” ujarnya. Dalam melakukan hal tersebut, Farida menuturkan bahwa perlu dilakukan pelatihan-pelatihan dan praktik secara langsung agar mahasiswa bisa cepat beradaptasi dengan keadaan berbisnis di lapangan.

“Tidak hanya praktik, tetapi mahasiswa juga perlu memiliki soft skill yang baik serta menanamkan sifat yang gigih, kreatif, dan inovatif dalam menjalankan usahanya,” ujar Dosen Matakuliah Kewirausahaan itu. Hadir sebagai narasumber, seorang Business Coach Muhammad Bardansyah menjelaskan bahwa dalam memulai berwirausaha, seseorang harus memiliki pemikiran business owner mentality. “Hal ini mengacu pada sikap, pola pikir, dan pendekatan yang dimiliki oleh orang-orang yang berpikir dan bertindak seperti pemilik bisnis,” paparnya.

Ia melanjutkan, dengan menanamkan pemikiran tersebut, seorang wirausaha akan lebih mudah dalam menjalankan bisnisnya. Tak hanya itu, sifat yang tidak mudah menyerah dan selalu peka terhadap perkembangan juga merupakan hal yang penting dalam menjalakan usaha. (NIS)

Baca Juga :   Kembalikan Tradisi Terakreditasi A, Prodi HI UNAS Simulasikan Visitasi Akreditasi Bersama BPM
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!