UNAS Kembali Buka Program Gelar Bersama Mahasiswa Guangxi University for Nationalities

JAKARTA – Sebanyak 39 mahasiswa-mahasiswi dari Guangxi University for Nationalities (GXUN), China mendatangi kampus Universitas Nasional (UNAS), Jumat (28/09). Kedatangan mahasiswa tersebut dalam rangka mengikuti program gelar bersama yang kembali dibuka oleh UNAS melalui Kantor Kerjasama Internasional (KKI) UNAS.  

Dalam program ini, para mahasiswa GXUN akan menempuh pendidikan di UNAS selama 2 tahun yang akan mulai berlangsung pada 15 Oktober 2018. Mahasiswa tersebut terdiri dari 24 mahasiwa yang mengambil program studi Sarjana (S1) Sastra Indonesia dan 15 mahasiwa program studi S1 Manajemen. Tahun ini merupakan ketujuh kalinya program gelar bersama dilaksanakan selama kerjasama antara UNAS dan GXUN sejak tahun 2010.

“Kami senang atas kepercayaan dari pihak GXUN yang telah mengirimkan mahasiswanya untuk belajar di UNAS. Silahkan menikmati kampus UNAS dan manfaatkan segala fasilitas yang kami berikan dengan sebaik mungkin. Selamat menempuh pendidikan dilingkup yang baru dan saya harap bisa lulus tepat waktu,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik UNAS, Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T dalam pembukaan penyambutan mahasiswa GXUN di Ruang Seminar Blok I Lantai III.

Sementara itu, salah satu mahasiswa GXUN, Vivian Tan Weikun, mengaku bahwa dirinya telah mempersiapkan diri untuk belajar di kampus UNAS seperti memperdalam bahasa Indonesia dan adat istiadatnya.  “Saya harap dosen UNAS bisa mengajarkan kami lebih banyak lagi tentang bahasa Indonesia dan memberikan motivasi yang tinggi  sehingga kami bisa mengikuti semua mata kuliah dengan lancar,” imbuhnya saat ditemui usai acara.

Menurut Vivian, adanya perbedaan bahasa dan budaya tidak menjadi halangan seseorang untuk menempuh pendidikan. Hal itu menjadi tantangan besar dan bisa menambah wawasan yang lebih luas tentang dunia. “Pengetahuan yang lebih luas, relasi, teman-teman baru, pekerjaan yang bagus, itu yang saya harapkan setelah lulus dari UNAS. Semoga tercapai semua ya,” tutupnya.

Acara penyambutan tersebut dihadiri oleh Direktur KKI, J. Sugarjito, Ph.D., Wakil Dekan Fakultas Ekonomi, Herry Krisnandi, SE., MM., Ketua Program Studi Manajemen, Elwisam, S.E., M.M., Wakil Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra, Drs. Evert Haryanto Hilman, M.Hum., Ketua Program Studi Sastra Indonesia, Drs. Arju Susanto, M.Pd., serta kepala Biro Kemahasiswaan, Kamaruddin Salim, S.Sos.,M.Si.(*NIS)