UNAS dan Rutgers University Lakukan Skrining dan Eksplorasi Tanaman Di Taman Hutan Kota Srengseng

Jakarta (Unas) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Nasional  (Unas) bekerjasama dengan peneliti dari Rutgers University Kembali eksplorasi tumbuhan-tumbuhan yang berpotensi sebagai obat di Indonesia di Hutan Kota Srengseng, Jakarta Barat, Pada kamis, 16 Februari 2023.

Dalam keterangannya, Ketua LPPM Unas Dr. Ir. Nonon Saribanon, M.Si., mengatakan Keberadaan hutan kota merupakan hal yang penting di sebuah kota sebab disinilah pencemaran udara yang terjadi di kota besar dapat diredam.”Keberadaan hutan kota juga menjadi sebuah area untuk konservasi baik insitu dan eksitu baik untuk tumbuhan dan hewan. Untuk itu, keberadaannya sangat penting dan disini kita melakukan kajian cepat untuk melihat potensi-potensi yang ada di dalam tumbuhan yang ada disini,”tuturnya.

Dengan diadakan eksplorasi ini, Nonon berharap bisa menggali potensi-potensi tumbuhan yang ada yang ada di Hutan Kota Srengseng. “Dari kajian cepat dengan pengambilan sampel tanaman di lapangan tersebut akan dikembangkan lebih lanjut jika terdapat potensi obat”, katanya.

Sementara itu, peneliti dari Rutgers University of New Jersey yaitu Isabel Armas Gutierrez mengungkapkan kegiatan bioprospeksi para peneliti menggunakan metode yang sangat unik karena bisa dengan cepat mengetahui apakah tanaman tersebut mengandung potensi sebagai obat. “Kami meneliti menggunakan metode yang unik yang dikembangkan di Rutgers University dengan teknologi Rames dengan metode Gibex. Teknologi ini akan memungkinkan pengumpulan metabolisme tanaman yang efisien, sangat ringkas, dan dapat diterapkan di lapangan”, ungkapnya.

Kegiatan eksplorasi tersebut didukung oleh NIH Fogarty International Center, Asia-Pacific Network For Global Change Research dan CBCD Rutgers University.

Menurut tim peneliti dari Universitas Nasional, Alvira Noer Effendi, M.Si eksplorasi di Taman Hutan Srengseng merupakan serangkaian dari kegiatan mengeksplorasi tanaman yang berpotensi memiliki khasiat obat sebagai bentuk kerjasama UNAS dengan Rutgers University. “Taman Hutan Srengseng merupakan salah satu tujuan untuk melakukan skrining dan pengambilan sampel tanaman, hasil dari pengambilan sampel akan dikaji ulang di laboratorium yang memadai dan akan dikembangkan sebagai bentuk kerjasama UNAS dengan Rutgers”, terangnya di Taman Hutan Srengseng, Jakarta Barat.

Baca Juga :   Pengenalan Lingkungan & Budaya Akademik Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023

Sebelumnya, Tim Peneliti Unas telah melakukan eksplorasi dan ekstraksi di Taman Sringanis, Bogor pada Selasa, (24/1) dan akan terus berlanjut hingga mempunyai data sampel tanaman obat yang mencukupi. (SPL)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!