Tumbuhkan Jiwa Entrepreneurship, UEC UNAS Selenggarakan Webinar Pelatihan Keanggotaan

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (UNAS) –  Perguruan tinggi sebagai salah satu mediator dan fasilitator terdepan dalam membangun generasi muda bangsa mempunyai kewajiban dalam mengajarkan, mendidik, melatih dan memotivasi mahasiswanya sehingga menjadi generasi cerdas yang mandiri, kreatif, inovatif dan mampu menciptakan berbagai peluang usaha atau lapangan pekerjaan.

Mahasiswa harus menyiapkan masa depan sejak dini, salah satunya berani memulai wirausaha dan merubah mindset dari job seeker setelah lulus kuliah menjadi job creator. Salah satu usaha perguruan tinggi dalam membangun generasi bangsa adalah dengan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan yang merupakan proses penting untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan kepada mahasiswa agar tercipta semangat inovasi dan kreativitas dalam diri mahasiswa.

Drs. Suadi Sapta Putra, M.Si.M.

Sadar akan hal itu, UNAS Entrepreneur Club (UEC) menyelenggarakan Webinar Pelatihan Keanggotaan UEC Periode 2021-2022 dengan tema “Menciptakan Jiwa Kewirausahaan Melalui Kegiatan UEC” yang dilaksanakan pada hari Sabtu (4/9) melalui zoom meeting.

Dalam sambutannya, Kepala UPT Inkubator Wirausaha Mandiri UNAS yang juga pembina UEC Drs. Suadi Sapta Putra, M.Si.M. mengatakan bahwa kolaborasi merupakan kunci sukses pada era modern ini. Sehingga diharapkan UEC dan HIPMI dapat berkolaborasi dengan baik dalam mewujudkan cita-cita nya.

Lebih jauh, Suadi menuturkan bahwa di era perkembangan teknologi saat ini para mahasiswa dapat menciptakan teknologi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. “Maka melalui UEC ini, para mahasiswa dapat menciptakan suatu aplikasi yang dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas” tuturnya.

Ia pun memberi tantangan kepada seluruh anggota UEC untuk menyumbangkan inovasi dan kreatifitasnya sehingga hal tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. “Pada kesempatan ini, teman-teman saya tunggu kreativitas dan inovasinya untuk melihat peluang, kita berusaha dan memiliki usaha tentu saja kita mencari profit dari situ tapi lihat satu sisi bagaimana kita menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat luas,” kata Suadi.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum UEC Fiqi Zainul Firmansyah menyampaikan bahwa pelatihan keanggotaan UEC periode 2021-2022 merupakan kegiatan untuk menciptakan jiwa dan skill seorang entrepreneur di tengah tantangan pandemi covid-19. Ia melanjutkan bahwa melalui acara ini mahasiswa dapat mengetahui lebih dalam tentang UEC.

Di akhir sambutannya, Fiqi pun berharap  para mahasiswa dapat bersaing dan dapat menumbuhkan jiwa entrepreneur serta mampu berkolaborasi dalam mewujudkan visi misi dan tujuan UEC. “Semoga dengan acara ini, kita mampu bersaing memiliki jiwa  dan skill seorang Entrepreneur di tengah pandemi ini saya harap dengan kegiatan ini saya kita dan pengurus UEC 2021 mampu berkolaborasi dan saling bekerjasama mewujudkan tujuan2 dan mampu mengimplementasikan visi dan misi 2021 dan bermanfaat bagi kita semua,” katanya.

Hastroli Riako Utama 

Masuk pada acara inti yaitu pemaparan dari narasumber. Materi pertama disampaikan oleh Hastroli Riako Utama yang membawakan materi tentang sejarah terbentuknya UEC, visi misi, program kerja, serta nilai dan budaya organisasi di UEC. Selanjutnya pemaparan kedua dari Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi Universitas Nasional (HIPMI PT UNAS) Sidik Ismoyo yang membawakan materi tentang mindset menjadi wirausaha. Selesai pemaparan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator dan penyerahan plakat kepada narasumber. Acara ditutup dengan foto bersama seluruh panitia dan peserta. (*DMS)

Berita Terbaru
Chat with Us!