Tingkatkan Pembelajaran Accounting System, FEB UNAS Gandeng Penyedia Software Akuntansi Berbasis Cloud

Jakarta (UNAS) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional (FEB UNAS) melakukan penandatanganan nota kerja sama dengan PT. Bebas Akuntansi Sistem dan Future Works Corp, Jepang pada Rabu, (28/4). Kerja sama ini tertuang dalam Memorandum of Agreement (MoA) yang dilakukan oleh Dekan FEB UNAS Dr. Suryono Efendi, S.E.,M.M. dengan Director PT. Bebas Akuntansi Sistem Alvin Mariogani dan Director Future Works Corp, Jepang Masahide Nakamura. Kerjasama ini dilakukan terkait dengan penggunaan cloud accounting software bagi dosen dan mahasiswa.

Dilansir dari harmony.co.idcloud accounting software adalah perangkat software yang memiliki perbedaan yang sangat jelas dengan software akuntansi desktop, yaitu penyimpanan dan pengelolaan data pada cloud accounting melalui perangkat lunak dengan server pusat yg diakses melalui internet.

Dengan cloud accounting software ini, pebisnis atau pengguna juga dapat menyimpan dan mengakses data secara mudah melalui jarak yang jauh sekalipun. Hal ini berbeda dengan software akuntansi berbasis desktop, yang hanya bisa menyimpan informasi pada komputer tertentu saja.

Dr. Bambang Subiyanto, S.E.,M.Ak, CPA.

Ketua Program Studi Akuntansi Dr. Bambang Subiyanto, S.E.,M.Ak, CPA. mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan wujud nyata sinergitas antara dunia pendidikan dan industri dalam penggunaan suatu aplikasi cloud accounting software. Aplikasi ini diperuntukan untuk para dosen dan mahasiswa sebagai bahan pembelajaran agar mahasiswa mampu memahami software akuntansi berbasis cloud.

“Hari ini kita menandatangani nota kerjasama antara FEB Akuntansi UNAS dengan Future Works Corp Jepang dan PT. Bebas Akuntansi Sistem tentang penggunaan cloud accounting software. Hal ini juga dilakukan dalam rangka kerja sama antara dunia industri dengan universitas. Dimana melalui kerjasama ini mahasiswa mendapat kelebihan yaitu ketika mereka terjun ke dunia kerja mereka (mahasiswa) sudah bisa langsung paham akan accounting system,” ujar Bambang dalam wawancaranya di Ruang Korean Korner UNAS. 

Ia melanjutkan bahwa nantinya para dosen akan diberikan pelatihan mengenai cloud accounting software sebelum diajarkan kepada mahasiswa. “Kedepannya kami akan memfasilitasi untuk mahasiswa dan kami berharap begitu mereka lulus nanti sudah memiliki bekal dengan kompetensi yang diharapkan dunia industri,” katanya.

Sementara itu, Director Future Works Corp, Jepang Masahide Nakamura turut senang dengan adanya kerja sama ini mengingat akuntansi sangat dibutuhkan di perusahaan sehingga mahasiswa perlu memahami ruang lingkup dunia akuntansi agar bisa beradaptasi dengan perubahan zaman.“Terimakasih semoga kita bisa berkolaborasi dengan baik dengan FEB UNAS prodi Akuntansi,” tutur Nakamura dalam sambutannya secara virtual.

Senada dengan Nakamura, Director PT. Bebas Akuntansi Sistem Alvin Mariogani merasa bangga telah diberikan kesempatan untuk bekerja sama dengan UNAS. Ia pun berharap dengan adanya accounting software dapat meningkatkan pengetahuan para mahasiswa. “Saya harap dengan adanya accounting system Jepang yang diterapkan di Indonesia ini, mahasiswa UNAS dapat memperoleh pengetahuan yang banyak dan ini adalah awal kerja sama yang baik semoga bisa terus berlanjut,” harapnya.

Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. 

Dalam kesempatan yang sama, Dekan FEB UNAS Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. menyambut baik kerjasama yang dilakukan oleh UNAS dengan dua perusahaan penyedia software akuntansi berbasis cloud itu. Ia pun berharap dengan penandatanganan kerjasama ini dapat mendukung pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

“Saya bangga bisa menyaksikan langsung dan melakukan kerjasama dari Jepang dan saya sangat mendukung kerja sama ini. Kami harap dengan penandatanganan ini (MoA) bisa mendukung sepenuhnya untuk pelaksanaan tri  dharma perguruan tinggi di UNAS khususnya di FEB sehingga bisa bermanfaat bagi mahasiswa dan civitas akademika,” ungkapnya. (*DMS)