Tingkatkan Kualitas Dosen, UNAS Kembangkan Karier dan Kompetensi Dosen

Jakarta (UNAS) – Dalam rangka meningkatkan kualitas para dosen di lingkungan Universitas Nasional (UNAS) dan Akademi-akademi Nasional, UNAS mengadakan pembinaan karir dan kompetensi bagi para dosen di Aula Blok I lantai 4, pada Senin (6/8). Kegiatan ini turut mengundang Direktur Karir dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd., M.A. dan dihadiri Rektor UNAS Dr. El Amry Bermawi Putera M.A., serta Ketua Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (YMIK) Dr. Ramlan Siregar M.Si. 

Dalam sambutannya, Rektor UNAS Dr. El Amry Bermawi Putera M.A mendorong agar dosen dapat meningkatkan kualitasnya. El Amry juga mengatakan seorang dosen harus juga melakukan penelitian di bidang yang terkait dan mengabdi kepada masyarakat dengan menerapkan penelitian yang telah dilakukan.

“Ini merupakan satu langkah strategis dalam meningkatkan karir dan kompetensi dosen, saya berharap para dosen dapat mempertahankan prestasi yang sudah di raih dan terus meningkatkan pretasinya,” ujar El Amry.

Sementara itu, Direktur Karir dan Kompetensi SDM Kemenristekdikti Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd., M.A. menyatakan, dalam pengembangan karir dosen perlu melalui beberapa skema yang meliputi sertifikasi, pengembangan kompetensi profesional melalui studi lanjut, kenaikan jabatan akademik dan pengembangan karya ilmiah, penelitian atau publikasi ilmiah. Ia menambahkan, dosen dapat melakukan lompatan jabatan fungsional asal dapat memenuhi persyaratan yaitu menulis empat jurnal bereputasi sebagai penulis pertama.

“Padahal, dalam mengurus kenaikan pangkat tidak sulit. Secara umum kenaikan pangkat dari asisten ahli ke lektor, lektor ke lektor kepala dan lektor kepala ke guru besar adalah telah memenuhi angka kredit yang disyaratkan serta penulisan karya ilmiah dalam jurnal ilmiah nasional,” ucap Bunyamin.

Maka dari itu, kata Bunyamin, KEMENRISTEKDIKTI terus bekerjasama dengan perguruan tinggi melakukan sosialisasi serta workshop termasuk pembinaan dalam penulisan jurnal ilmiah bagi dosen sehingga bisa terdorong sampai jenjang profesor. “Jabatan Profesor di Indonesia masih sangat sedikit hanya dua sampai tiga persen. Oleh karena itu, kita akan terus memotivasi para dosen supaya rajin menulis karya ilmiah dan dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional sebab dengan begitu para dosen dapat mencapai profesor,” katanya.

Di temui setelah acara, Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Prof. Dr. Ernawati Sinaga M.S., Apt menganggap kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam mempertahankan nilai akreditasi institusi UNAS yang sudah A.  Sebab  peningkatan karir dan kompetensi dosen merupakan salah satu faktor penilaian. “Salah satu penilaiannya adalah kompetensi dosen banyak atau tidak profesornya banyak atau tidak lektor kepalanya, banyak atau tidak doktornya itu semua jadi penilaian jadi memang acara ini adalah salah satu kegiatan yang kaitannya mempertahankan reputasi kita sebagai perguruan tinggi yang sudah berakreditasi A,” jelas Erna.

Dalam acara ini turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Iskandar Fitri S.T., M.T., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan SDM Dr. Drs. Eko Sugiyanto M.Si, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Drs. Zainul Djumadin M.Si., serta seluruh dosen UNAS. (*DMS)