Tiga Mahasiswa Fikes Raih Juara 1 dan 2 Lomba Tingkat Nasional

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (UNAS) – Tiga mahasiswa Universitas Nasional kembali mengukir prestasi di tingkat Nasional. Prestasi tersebut datang dari mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) adalah Afifah Nadidah, Noer Asanah, Riska Nanda F. Mereka berhasil meraih prestasi di dua kategori lomba yaitu poster edukasi meraih juara satu dan video edukasi dengan meraih juara dua.

Atas raihan tersebut, tim mahasiswa Fikes Unas mendapatkan hadiah uang tunai Rp.700.000 untuk juara 1 lomba poster dan Rp. 550.000 untuk juara 2 lomba video edukasi. Adapun poster ilmiah yang dibuat oleh Noer Asanah dan tim berjudul “Efektivitas Aplikasi Merica “Menstrual Period Calendar” Dalam Mencegah Penyakit Seksual Pada Remaja”. Sementara untuk video edukasi mengangkat tema “Cegah IMS dengan ABCD”.

Melalui pesan singkat, Noer mengungkapkan keluh kesahnya selama mengerjakan kedua kategori lomba tersebut. Mengumpulkan materi menurutnya menjadi hal tersulit disamping materi yang sangat terbatas, kondisi pandemi yang masih merebak juga menjadi hambatan Noer CS untuk membuat dan mencari materi.

Dalam pembagian tugas, tambahnya, pembuatan desain dibuat oleh Afifah sedangkan untuk editing video dilakukan oleh Riska. Perempuan berusia 21 tahun itu pun menceritakan pengalaman yang ia dapat selama mengikuti proses lomba.

“Pengalaman semakin bertambah relasi baru, sama teman-teman peserta lomba yang lain dan kakak-kakak penyelenggara panitianya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengungkapkan perasaannya telah meraih juara satu dan dua di kontes lomba yang sama. Ia tak menyangka bisa meraih juara ditengah persaingan kampus-kampus favorit di seluruh Indonesia. Secara khusus ia menyampaikan rasa terima kasih kepada para dosen serta teman-temannya di program studi keperawatan yang telah memberi dukungan.

“Terkhusus kami sangat berterima kasih untuk prodi keperawatan, dosen dan teman-teman yang sudah support,” kata Noer saat diwawancarai oleh tim humas Unas pada Rabu (20/10).

Dikesempatan yang berbeda Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Unas, Dr. Retno Widowati, M.Si., dalam wawancara via wa beliau menyapaikan, ” untuk para mahasiswa yang berprestasi, saya atas nama pribadi dan selaku pimpinan dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional mengucapkan selamat dan sukses. Kami juga sangat bangga dan terimakasih atas capaian serta prestasi dari Afifah Nadidah, Noer Asanah, dan Riska Nanda “.

Kami juga mengucapkan terimakasih kepada para dosen di FIKES UNAS khususnya dosen Prodi Keperawatan yang telah membimbing mahasiswa hingga mencapai prestasi yang sangat membanggakan. Demikian pula dukungan dari Himpunan Mahasiswa Keperawatan yang sangat kompak mendukung teman-temannya.

Mencapai prestasi tidak instan, harus terus dilatih, FIKES dan HIMAKEP serta HIMAKEB berulang kali mengirimkan mahasiswa dalam berbagai acara kejuaraan. Alhamdulillah pada Afifah Nadidah, Noer Asanah, dan Riska Nanda berhasil mengukir prestasi dengan membawa nama FIKES UNAS.

Disela wawancara, Bu Dekan juga menjelaskan tentang poin  khusus yang akan diterima oleh mahasiswa berprestasi yaitu, ” prestasi mahasiswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik adalah bentuk outcome dari pendidikan di perguruan tinggi. Poin khususnya dari UNAS adalah dalam berbentuk poin di SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) dan poin yang lain adalah penyebutan di web unas serta biasanya akan disebutkan oleh Rektor UNAS saat wisuda , semoga UNAS dapat memberikan poin lebih untuk mahasiswa yang berprestasi dengan ketentuan sesuai SK Rektor.

Di akhir pesan singkatnya, Noer memberikan pesan kepada mahasiswa Unas agar mengikuti berbagai perlombaan untuk mencari pengalaman dan berusaha mengharumkan nama kampus.“Menang lomba itu masalah pengalaman. Semakin banyak lomba yang diikuti, akan semakin paham bagaimana caranya untuk jadi pemenang. Jadi jangan takut kalah dan terus berusaha, yang pasti diri kita juga harus yakin. Tetap semangat untuk mahasiswa Unas selalu berikan yang terbaik untuk mengharumkan nama Universitas kita. Untuk temen-temen yang memiliki potensi harus tetap dikembangkan dan bisa direalisasikan, dimanapun dan kapanpun,” ungkapnya. (*DMS)

Berita Terbaru
Chat with Us!