Skripsi Secara Daring di Tengah Pandemi, FEB Lakukan Sosialisasi kepada Mahasiswa    

Jakarta (Unas) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional (FEB Unas) lakukan sosialisasi skripsi dan dosen pembimbing kepada mahasiswa semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Kegiatan ini diikuti oleh tiga program studi FEB yakni program studi Manajemen, Akuntansi, dan Pariwisata.

Menurut Kepala Program Studi Manajemen FEB Unas  Dr. Rahayu Lestari, S.E., kegiatan ini dilakukan guna memberikan arahan pedoman penulisan skripsi dan sidang proposal di tengah pandemi Covid-19 yang dilakukan secara daring.  “Ini dilakukan guna memberikan arahan kepada mahasiswa yang ingin menyelesaikan skripsi mereka di semester ganjil secara daring, sehingga nantinya mahasiswa dapat mengikuti aturan dan ketentuan yang terdapat di buku pedoman penulisan skripsi prodi manajemen,” ujarnya saat dihubungi oleh Humas Unas melalui sambungan telepon, Sabtu (03/10). 

Meski dilakukan secara daring, Rahayu menuturkan hal ini tidak menghambat mahasiswa dan dosen untuk tetap melakukan bimbingan. Sebelumnya, pada semester genap lalu FEB sudah melakukan proses penulisan skripsi dengan sistem online antara dosen dan mahasiswa. 

“Kami juga memberikan arahan dan ketentuan seminar proposal secara online yang diberikan kepada mahasiswa dan dosen pembimbing. Hal ini diharapkan agar proses skripsi berjalan lancar dan bisa diikuti sampai selesai,” jelasnya. 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis sendiri memberikan kebijakan bahwa penulisan skripsi diperbolehkan bagi mahasiswa yang telah lulus mata kuliah metode penelitian, dan bisa mendaftarakan diri di semester 7 atau 8. Sebelumnya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis  pun telah mengimbau kepada dosen pembimbing akademik agar memberikan arahan kepada mahasiswa untuk melengkapi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) sebagai salah satu syarat kelulusan. 

“Sebelum ujian skripsi pun mereka sudah wajib melaporkan SKPI yang dimana di FEB sendiri ada beberapa poin SKPI yakni brevet A dan brevet B, sekolah pasar modal, TOEFL, dan juga mengikuti berbagai workshop serta pelatihan yang diselenggarakan oleh FEB,” katanya. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Dekan FEB Unas, Dr. Suryono Efendi, S.E., M.M., Wakil Dekan FEB, Dr. Sufyati H.S., S.E., M.M serta seluruh kepala program studi dan dosen di lingkungan FEB.