Serangkaian Dies Natalis UNAS, FTKI Adakan 3MT

Jakarta (UNAS) – Perayaan Dies Natalis Universitas Nasional memiliki serangkaian kegiatan, salah satunya adalah 3MT atau dikenal dengan Competition Three Minutes Thesis yang diadakan oleh Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika pada Rabu (13/10). Kompetisi Thesis tiga menit adalah memberikan kesempatan kepada peserta untuk mempresentasikan hasil penelitiannya dengan waktu tiga menit di depan beberapa juri yang telah ditentukan.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Dr. Septi Andryana, S.Kom, MMSI., menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pertama dan akan diagendakan secara rutin. “Dalam rangka Dies Natalis Universitas Nasional ke-72, FTKI menyelenggarakan kompetisi hasil penelitian Tugas Akhir mahasiswa Semester Genap 2020-2021. Kompetisi ini baru pertama kali diadakan di FTKI, bahkan juga pertama di Universitas Nasional, oleh karena itu, acara ini akan diagendakan secara rutin pada setiap semester, ” jelasnya.

Ia juga menambahkan kegiatan serupa nantinya tidak hanya menyajikan hasil penelitian tugas akhir mahasiswa tetapi juga para dosen dari FTKI maupun Perguruan Tinggi lainnya. “ Nantinya , tidak hanya menyajikan hasil penelitian mahasiswa tugas akhir, namun juga dapat melibatkan mahasiswa dan dosen baik dari FTKI maupun dari perguruan tinggi lainnya, ” tambah Septi.

FTKI telah menerima 22 peserta mahasiswa yang mengikuti kompetisi tetapi hanya diambil 9 peserta untuk runner up dan juga menghadirkan dewan juri dosen FTKI UNAS yang diketuai oleh Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T., dengan tiga orang anggota yaitu:  Dr. Fauziah, S.Kom, MMSI., Dr. Agung Triayudi, S.Kom, M.Kom, dan Dr. Septi Andryana, S.Kom, MMSI. Dengan penilaian Dewan Juri dilakukan secara online.

Diakhir acara diumumkan pemenang Competition Three Minutes Thesis yaitu juara pertama diraih oleh Dickypradana Abdulrahman Julianto dengan judul penelitian “Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Karyawan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto” dan berhak membawa pulang hadiah berupa uang tunai sebesar Rp. 1.500.000. Juara kedua dimenangkan oleh Muhammad Raihan  Aziz dengan judul penelitian “ Penggunaan Algoritma Brute Force String Matching Dalam Pencarian Orang Hilang Dalam Website Temukandia.co” dengan hadiah Rp. 1.250.000 dan juara ketiga didapatkan oleh Bimo Salasa Putra dengan judul penelitian (Aplikasi Mobile your Job MBTI (Myers Briggs Indicator) menggunakan algoritma fisher yates shuffle).

Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T

Pada kesempatan yang sama Guru Besar FTKI Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T., memberikan apresiasinya kepada peserta kompetisi. “Saya sangat mengapresiasi para peserta bahwa yang paling utama disini adalah kepercayaan diri kalian meningkat hadiah itu bonus, ketika anda disuruh presentasi nanti di dunia kerja otomatis ini akan terbawa, moment seperti ini yang harus dilalui bukan malah menghindar. Saya yakin kalian akan sukses, ” ujarnya. (*TIN)

Berita Terkait
English Indonesian
Chat with Us!