Seminar Nasional Pasar Modal bersama KSPM FEB Universitas Nasional “Strategy Investment 2024 with Mindful Money Management: Let’s Spending, Saving and Investing”

Jakarta (UNAS) – Kelompok Studi Pasar Modal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional telah selesai kembali menggelar kegiatan Seminar Nasional Pasar Modal yang bertemakan “Strategy Investment 2024 with Mindful Money Management” pada hari Rabu, 15 November 2023 secara hybrid di Aula Blok 1 Lantai 4 Universitas Nasional serta via Zoom conference. Seminar nasional ini dihadiri oleh dua pembicara yang ahli dalam bidangnya, yaitu Yusuf Adi Pradana selaku Market Development Analyst of Indonesia Stock Exchange dan Zahra Nur Khadijah selaku Investment Gallery Officer MNC Sekuritas.

Sesuai dengan yang disampaikan oleh Karisma Nur Zakirah dalam laporannya sebagai Ketua Pelaksana, bahwasanya kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 600 peserta dari seluruh Indonesia (nasional), yang mana 200 peserta hadir secara luring, dan 400 peserta hadir secara daring. Mengingat persiapan tahun perekonomian 2024, seminar nasional pasar modal ini diadakan untuk mengedukasi masyarakat agar dapat mengetahui bagaimana pengelolaan keuangan dengan bijak untuk menghadapi perekonomian di tahun 2024 lebih dini, yang salah satu pengalokasian dananya adalah dengan berinvestasi.

“Seminar nasional ini merupakan bentuk komitmen KSPM FEB UNAS terhadap visinya menjadi sarana belajar dan sosialisasi pasar modal bagi civitas akademika Universitas Nasional dan masyarakat umum. Dimana sebelumnya kami sudah melakukan sosialisasi  pasar modal di SMKN 25 Jakarta, sebagai bentuk edukasi terhadap pentingnya dalam berinvestasi semenjak usia dini,” kata Wakil Ketua KSPM Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ubaidillah Mahdi dalam menyampaikan sambutannya.

Kemudian, dilanjutkan oleh sambutan dari Adilah Permananingrum S.E., M.Sc., selaku Kepala Galeri Investasi Universitas Nasional, “investasi merupakan suatu kebutuhan pada era globalisasi saat ini, dan pasar modal merupakan suatu indikator perekonomian suatu negara. Maka dari itu, mahasiswa sebagai agent of change harus mengetahui dan memiliki kemampuan dalam bidang investasi pasar modal, dengan tujuan untuk memberikan motivasi dan pengalaman yang kaitannya dengan praktik, karena kita menghadirkan praktisi yang ahli dalam bidangnya, dengan harapan kegiatan ini dapat memberikan mahasiswa bekal untuk menghadapi masa depan yang lebih baik dalam berinvestasi”, ujar beliau.

Baca Juga :   Hari Film Nasional, UNAS Lakukan Kerjasama dengan Lembaga Sensor Film

Kunci inti kegiatan ini disampaikan oleh Ibu Dr. Rahayu Lestari, S.E., M.M., selaku Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional sebagai keynote speech pada kegiatan seminar nasional pasar modal, “Mahasiswa dan juga umum dalam mengetahui bagaimana peluang berinvestasi seperti apa yang ada di tahun 2024. Tetap sebagai warning, dalam pelaksanaannya kita tetap harus melakukan pengecekan ke OJK untuk menghindari investasi bodong serta diversifikasi dalam manajer risiko. Sebagaimana untuk berinvestasi kita bisa memantik motivasi dari orang lain yang sudah menuai hasil dalam berinvestasi. Tetap semua itu harus dilandaskan dengan pengetahuan tujuan dalam berinvestasi serta penggunaann dana yang tepat, terkait pengelolaan risiko” Ujar beliau dalam penyampaiannya untuk memantik materi kegiatan.

Setelah itu, masuklah pada kegiatan inti yakni penyampaian materi oleh kedua pembicara dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dalam sesi ini dipimpin oleh moderator, yaitu Ibu Dita Nurul Aini Mustika Dewi, S.E., M.E. Dalam penyampaian pertama, materi disampaikan oleh Yusuf terkait strategi berinvestasi di tahun 2024.

“Bagaimana cara meminimalisir dalam mengurangi tingkat risiko, adalah? dengan cara tidak ikut-ikutan dalam membeli saham, jangan kena ajakan dari orang yang tidak bertanggung jawab. Dalam berstrategi kita harus memahami bagaimana analisis teknikal serta analisis fundamental. Menghindari FOMO serta konsumtif yang mengkhawatirkan dalam pengelolaan keuangan yang akan berpengaruh terhadap keputusan dalam berinvestasi,” Ujarnya.

“Dalam berinvestasi kita harus memiliki pemikiran yang baik. Dan banyak sekali yang berpikir bahwa investasi itu adalah kekayaan, yang padahal sebetulnya investasi merupakan kendaraan kita untuk mencapai tujuan keuangan. Terus diingat bahwa saham ini memiliki harga yang sesuai dengan permintaan dan penawaran. Maka dari itu, hal utama yang perlu diawali adalah perubahan mindset mengenai investasi itu sendiri”, Ujar Ibu Zahra Nur Khadijah dalam penyampaian materinya terkait mindful money management.

Antusias peserta sangat terlihat dalam kegiatan, karena banyak sekali dari peserta seminar nasional yang mengajukan pertanyaan dalam kegiatan ini. Dilihat dalam kolom chat zoom serta peserta yang ada secara onsite didalam ruangan. Di dukung dengan peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan secara tertib dan diikuti hingga selesai, seperti dalam sesi kuis, penggunaan fasilitas photobooth serta mengikuti challenge a day in semnas.

Baca Juga :   HIMAJEM Buat Acara untuk MABA Undang Mantan Mentri

 

Bagikan :
Berita Terbaru
Pengumuman

Informasi Pengambilan KTM

  PENGUMUMAN Disampaikan Kepada Mahasiswa Angkatan 2022 Yang Masuk Pada Semester Ganjil Maupun Genap Dan Mahasiswa Angkatan 2023 Semester Ganjil.

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!