Sebanyak 24 Booth Meriahkan Virtual Sales Expo 2022

Sebanyak 24 Booth Meriahkan Virtual Sales Expo 2022

Jakarta (Unas) – Sebanyak 24 booth meriahkan Virtual Sales Expo 2022. Kegiatan ini merupakan agenda rutin dari Inkubator Wirausaha Mandiri Univeristas Nasional (Unas), dan pada tahun ini bekerja sama dengan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) serta Korean Women Intenrational Network (KOWIN).

Ketua pelaksana Siti Tuti Alawiya, S.S., M.Hum., mengatakan, pameran bisnis tersebut berlangsung pada 25 s.d 28 Juli 2022 dan bertujuan untuk mempromosikan karya terbaik serta hasil produk usaha secara virtual.

Siti Tuti Alawiya, S.S., M.Hum.,
Siti Tuti Alawiya, S.S., M.Hum., selaku Ketua pelaksana saat memberikan sambutan divirtual Sales Expo 2022 dengan media Zoom.

“Kegiatan ini terbuka bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kewirausahaan, alumni, dosen, serta masyarakat umum. Kami juga menilai kreativitas dari para peserta melalui video singkat mengenai bisnis plan BMC,” ujarnya dalam penutupan kegiatan, Jumat (29/07).

Dr. Drs. Suadi Sapta Putra, M.Si.M., Kepala Inkubator Wirausaha Mandiri UNAS memberikan penjelasan materi terkait dengan wirausaha.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Inkubator Wirausaha Mandiri Unas, Dr. Drs. Suadi Sapta Putra, M.Si.M., mengatakan, di era virtual saat ini, mahasiswa harus bisa mengambil peluang wirausaha karena banyaknya kesempatan dan kemudahan akses teknologi informasi yang semakin berkembang.

“Kami juga berharap usai kegiatan ini berlangsung mahasiswa dapat menumbuhkan mindset dan jiwa entreprenurship di dalam dirinya,” ucap Suadi. Ia menuturkan, kegiatan ini mengusung tema ‘Internasionalisasi Industri Pariwisata Ekonomi Kreatif’.

Hadir sebagai narasumber, Director of KOWIN Indonesia Hur Young Soon mengatakan, dalam memulai wirausaha, seseorang harus mengetahui apa yang  menjadi kesenangan dan kelebihannya. Menurutnya, ide bisnis dapat ditemukan dimulai dari hobi dan kesukaan.

Hur Young Soon Director of KOWIN Indonesia saat memaparkan materi presentasinya.

“Ketika ingin berbisnis, kita harus senang dengan apa yang akan dijalani, suka dengan apa yang mau kita pasarkan, dan memahaminya. Jika nanti sudah menemukan hal tersebut, maka carilah partner yang bisa mendukung dan memiliki pemikiran yang sama untuk menjalankan bisnis tersebut”, paparnya dalam kegiatan penutup.

Baca Juga :   Benarkah, Revolusi Industri 4.0 Akan di Tinggalkan?

Perempuan yang akrab disapa Ayu itu juga menjelaskan mengenai Crowd Funding for Start-up CompaniesCrowd Funding ini merupakan pendanaan yang dikumpulkan dari banyaknya orang, yang tertarik dan meminati gagasan dari suatu usaha yang sedang dibangun.

Fernando Relington, Founder AirPrive memberikan penjelasan terkait dengan dunia wirausaha.

Sementara itu, Founder AirPrive Fernando Relington menuturkan, seorang wirausaha harus memiliki mental yang kuat, siap untuk merugi, dan siap untuk jatuh serta bangkit kembali. “Menjadi wirausaha kita tidak pernah bisa memprediksi apa yang besok terjadi, oleh sebab itu, dibutuhkan mental dan kegigihan yang kuat untuk dapat bertahan”, tuturnya.

Ia melanjutkan, jatuh dan merugi merupakan hal yang biasa dalam dunia bisnis. Dengan kegagalan tersebut, seorang wirausaha dapat mengambil hikmah dan pelajaran untuk kembali memulai bisnis kedepannya. “Balik lagi, perkuat mental, ketika sudah rugi, mental yang kuat pasti masih memiliki semangat untuk terus mencoba dan mencoba lagi, sampai akhirnya mencapai kesuksesan yang diinginkan”, pungkasnya.

Erina Ramzani Staff FTKI yang menjelaskan tentang Virtual Sales Expo.

Di sisi lain, Staff FTKI Unas Erina Ramzani mengatakan, virtual sales expo 2022 dapat dikunjungi melalui tautan http://unig.unas.ac.id/salesexpo/ .Para pengunjung dapat mengeklik link youtobe untuk melihat video promosi, juga mengeklik tautan Whatsapp atau Telegram untuk dapat terhubung dan melakukan transaksi dengan penjual.

“Para pengunjung juga bisa memberikan penilaian kepada booth  dengan mengeklik ‘vote’. Satu email hanya bisa digunakan untuk satu kali vote di setiap booth”, jelasnya. Selama 4 hari berlangsung, adapun booth yang meraih kunjungan dan voting terbanyak dimenangi oleh ‘Jamu Ala Mamake’. Sementara pengunjung dengan kunjungan dan voting terbanyak diraih oleh apriramdani91@gmail.com. (NIS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!