Sebanyak 154 Mahasiswa Profesi FIKES Unas Ikuti Ucap Janji Kepaniteraan

Jakarta (Unas) – Sebanyak 154 mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional (Unas) ikuti prosesi Ucap Janji Kepaniteraan, yang berlangsung di Ruang Seminar lantai III Menara Unas, Ragunan, pada Sabtu (18/03). Adapun mahasiswa tersebut terdiri dari 96 mahasiswa Profesi ners dan 58 mahasiswa Profesi Bidan semester genap tahun akademik 2022/2023.

Dekan FIKES Unas, Dr. Retno Widowati, M.Si. mengatakan, setiap semesternya, FIKES menerima mahasiswa Profesi yang merupakan lanjutan dari lulusan sarjana Keperawatan dan Kebidanan. Sebelum diterjunkan ke lahan praktik, seluruh mahasiswa Profesi harus melewati prosesi ucap janji kepaniteraan.

“Dalam ucap janji ini mahasiswa didampingi oleh rohaniawan untuk menguatkan hati mereka selama mengemban tugas sebagai tenaga kesehatan. Kami berharap dengan ucap janji ini, para mahasiswa bisa melaksanakan praktiknya dengan sepenuh hati,” ujar Retno dalam sambutannya secara daring.

Ia juga berpesan kepada para mahasiswa untuk senantiasa menjaga nama baik almamater FIKES Unas dengan berperilaku baik dan profesional. “Selain berperilaku baik, tingkatkan kemampuan Anda di lapangan, serta jaga hubungan baik dengan pimpinan dan senior di tempat Anda,” kata Dekan kepada para mahasiswa.

Hadir dalam kegiatan ini, perwakilan PPNI DKI Jakarta, Ns. Zainal Arifin, S.Kep mengatakan, praktik profesi ini merupakan waktu untuk para mahasiswa menerapkan teori-teori di bangku kuliah. “Carilah ilmu sebanyak-banyaknya di lapangan karena ini merupakan proses pembelajaran yang penting untuk menjadi perawat profesional. Mudah-mudahan ucap janji ini tidak hanya sekadar di lisan tetapi bisa diamalkan dengan perbuatan,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PD Ikatan Bidan Indonesia (IBI) DKI Jakarta yang diwakili oleh Wakil Ketua II PD IBI Prov. DKI Jakarta, Bdn. Atmalinda, S.Tr.Keb. mengatakan, saat turun ke lahan praktik, selain memiliki kompetensi, para mahasiswa juga harus memiliki kesiapan fisik dan mental.

Baca Juga :   Yudisium FTKI : Lulusan Dituntut Paham Perkembangan Teknologi

“Para mahasiswa akan melayani pasien dengan latar belakang dan karakter yang berbeda. Semoga mahasiswa dapat berkomunikasi dengan baik di lapangan dan pandai menyesuaikan diri dengan lingkungan praktiknya,” ucap Atmalinda.

Kegiatan ini diisi dengan pemasangan name tag dan kap mahasiswa Profesi Ners oleh Ketua Program Studi, Ns. Naziyah, S.Kep., M.Kep., serta pemasangan name tag mahasiswa Profesi Bidan oleh Ketua Program Studi, Jenny Anna Siauta, S.ST., M.Keb., serta didampingi oleh Wakil Dekan FIKES Unas, Dr. Rukmaini, SST., M.Keb.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan prosesi ucap janji kepaniteraan yang dipandu oleh perwakilan mahasiswa dan rohaniawan. Penandatanganan naskah ucap janji juga dilakukan oleh perwakilan mahasiswa, Ketua Program Studi, serta Wakil Dekan. Kegiatan diakhiri dengan serah terima mahasiswa ke lahan praktik oleh masing-masing Ketua Program Studi yang diterima oleh perwakilan CI lapangan.

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!