Sebagai Implementasi Pengabdian Kepada Masyarakat, Prodi Sastra Jepang Adakan Ujian Kemampuan Bahasa Jepang Bagi SMK/SMA Se- Jabodetabek

Jakarta (UNAS) –  Program Studi Sastra Jepang, Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional mengadakan kegiatan Uji Kemampuan Bahasa Jepang tingkat SMK/SMA Se-Jabodetabek  pada Sabtu (6/1).  Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Sastra Jepang Dr. Wawat Rahmawati S.S., M. Hum menyampaikan bahwa  adanya kegiatan ini sangat berguna untuk para siswa karena selain bisa mendapatkan sertifikat, peserta juga mendapatkan pengalaman yang luar biasa. “Selain sertifikat yang bisa digunakan untuk mencari beasiswa baik universitas dalam negeri maupun luar negeri, adik-adik peserta ujian kemampuan bahasa Jepang juga bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang luas bagaimana sebenarnya tes JLPT sesungguhnya itu dilakukan,” paparnya.

Memiliki Visi Menjadi Program Studi Sastra Jepang yang unggul dalam pengembangan ilmu kebahasaan, kesusastraan, dan kebudayaan yang kompetitif di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2025. Wawat berharap dengan adanya kegiatan ini, Prodi Sastra Jepang semakin banyak peminatnya khususnya dari adik-adik yang telah dating dalam kegiatan Uji Kemampuan Bahasa Jepang Bagi SMK/SMA.

Sebelum kegiatan Ujian dilaksanakan, para peserta diberikan Tips and Tricks dan juga pelatihan pengerjaan soal ujian oleh Dr. Fairuz, S.S., M.Hum., Dra.Ucu Fadhilah, M.Hum., Dr. Suyanti Natalia, S.S., M.Pd. Kegiatan Uji Kemampuan Bahasa Jepang dilaksanakan di Lab Bahasa Universitas Nasional Blok 2, Lt 3. “Untuk setiap soal selalu baca dahulu pertanyaannya secara teliti. Mulailah dari yang kalian anggap mudah terlebih dahulu dan yang paling penting, tetap fokus dan tenang dalam mengerjakan soal,” kata Ucu Fadhilah.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Sastra Jepang, selain diisi dengan Uji Kemampuan Bahasa Jepang juga diisi dengan Pengenalan Budaya Jepang Melalui Yukata Kepada Generasi Milenial, Praktek pemakaian Yukata, Campus Tour dan pengenalan program studi sastra Jepang. Sebagai penutup kegiatan, Siswa SMA/SMA juga dikenalkan dengan Tarian Tradisional Jepang yaitu Apress dan Odori di Exhibition UNAS Lounge. (TIN)

Baca Juga :   FOCUS GROUP DISCUSSION "Strategi Penguatan Kearifan Lubuk Larangan Dalam Kerangka Konservasi Dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Berkelanjutan"
Bagikan :
Berita Terbaru
Pengumuman

Informasi Pengambilan KTM

  PENGUMUMAN Disampaikan Kepada Mahasiswa Angkatan 2022 Yang Masuk Pada Semester Ganjil Maupun Genap Dan Mahasiswa Angkatan 2023 Semester Ganjil.

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!