Sambut Mahasiswa Baru, HIMAHI Adakan HICOMERS 2018

JAKARTA – Guna menyambut para mahasiswa baru periode ganjil 2018/2019, Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional  (HIMAHI)  Universitas Nasional (UNAS) melangsungkan HICOMERS 2018, Selasa (16/10). Bertajuk “Dedication, Inspiration, and Motivation”, kegiatan ini diikuti oleh 102 mahasiswa baru Hubungan Internasional (HI) kelas reguler dan karyawan.

Ditemui usai acara, Sekretaris Pelaksana kegiatan ini, Qisthin Edwina mengatakan bahwa penyambutan ini diadakan untuk memperkenalkan prodi HI kepada mahasiswa baru, serta sebagai wadah informasi mengenai segala mekanisme pembelajaran HI di UNAS.

“Melalui kegiatan ini, mereka bisa lebih dekat dengan senior dan sekaligus mempromosikan HIMAHI sebagai tempat berorganisasi mereka nantinya. Rata-rata semua kegiatan yang dilaksanakan oleh prodi HI dipandu oleh kami HIMAHI jadi penting bagi mereka untuk lebih kenal dengan HIMAHI,” ujarnya.

Disinggung mengenai tema yang diangkat, Qisthin menjelaskan bahwa dedication berarti HIMAHI berdedikasi kepada mahasiswa baru dengan mengapresiasi kedatangan mereka yang telah memilih HI UNAS sebagai tempat kuliah. Inspiration berarti HIMAHI memberikan inspirasi kepada mahasiswa baru agar menjadi mahasiswa yang baik dan berilmu, serta motivation yang berarti HIMAHI selalu memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk terus menggali ilmu di UNAS.

Sementara itu, salah satu dosen HI, Hendra Maulana Saragih, S.IP., M.Si., menuturkan bahwa menjadi mahasiswa HI penting untuk memperdalam dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Menurutnya, dengan mempelajari bahasa internasional dapat mempermudah mahasiswa untuk menjalin relasi dengan orang lain yang berbeda budaya.

“Kalian akan memasuki dan mempelajari dunia yang penuh dengan budaya yang beragam. Oleh karena itu, tingkatkanlah wawasan kalian tentang budaya dunia dan dalamilah bahasa Inggris, karena akan memudahkan kalian untuk belajar dan berkomunikasi,” imbuhnya dalam presentasi.

Hendra menambahkan, para mahasiswa HI harus meningkatkan minatnya dalam membaca buku, terutama yang berkaitan dengan budaya. Selain itu, untuk menambah portofolio selama berkuliah, mahasiswa HI perlu untuk rajin mengikuti seminar-seminar, penelitian, dan seluruh kegiatan baik di dalam kampus maupun di luar yang berkaitan dengan prodi HI. Portofolio tersebut akan dilampirkan sebagai salah satu syarat dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).(*NIS)