Retno Widowati Terpilih dan Dilantik Sebagai Anggota Majelis Akreditasi BAN-PT 2021/2026

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Retno Widowati Terpilih dan Dilantik Sebagai Anggota Majelis Akreditasi BAN-PT 2021/2026

Jakarta (UNAS) – Kali pertama, dosen Universitas Nasional terpilih dan dilantik sebagai Anggota Majelis Akreditasi (MA) BAN-PT. Dr. Retno Widowati, M.Si., secara resmi telah dilantik oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbudristek Ir. Suharti, M.A., Ph.D., atas nama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Selasa (30/11/2021).

Menyandang status sebagai Anggota Majelis Akreditasi BAN-PT, Retno, turut menambah daftar capaian serta membawa nama baik Universitas Nasional. Serta, pada masa jabatan periode 2021/2026 ini, Ia menjadi satu-satunya wanita yang menjabat dalam Majelis Akreditasi dan Dewan Eksekutif BAN-PT.

Dr. Retno Widowati, M.Si.

Retno menyampaikan bahwa salah satu alasannya mendaftar menjadi Majelis Akreditasi BAN-PT yaitu ingin bisa lebih meningkatkan sistem akreditasi yang lebih merata dan lebih mudah dijangkau oleh seluruh program studi maupun perguruan tinggi.

“ Khususnya program studi dan perguruan tinggi swasta yang boleh dikatakan perlu dibantu untuk mengakses. Karena melihat pengalaman saya sebagai asesor selama ini, pada perguruan tinggi dan program studi belum semuanya merata. Kalaupun sistemnya sudah baik, bagaimana mereka mengerti apa yang dimaksud dengan hal-hal terkait dengan butir-butir dalam instrumen akreditasi, ” jelas Retno yang merupakan  Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Nasional.

Pelantikan berlangsung di Auditorium Lantai 2, Gedung D, Kemendikbudristek dengan undangan terbatas dan mematuhi protokol kesehatan. Pada kesempatan ini, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Ir. Suharti, M.A., Ph.D., menyampaikan pesannya kepada para Majelis Akreditasi dan Dewan Eksekutif yang dilantik.

Yaitu untuk dapat bekerja sesuai dengan tugas dan wewenang masing-masing tentunya dengan tetap memegang prinsip akuntabilitas dan profesionalisme serta betul-betul berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan tinggi. Diperlukan juga peran dalam mendukung kinerja BAN-PT agar menjadi lembaga yang kredibel dan akuntabel.

“ Sesuai dengan amanat UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, kami berharap agar Saudara yang dilantik pada hari ini dapat terus kerja dengan rasa penuh tanggung jawab dan menjunjung nilai-nilai integritas. Terlebih dalam melaksanakan salah satu pilar penjaminan mutu pendidikan tinggi yaitu akreditasi. Khususnya dalam meningkatkan percepatan dan kualitas penjaminan mutu di Indonesia, ” tutur Suharti.

Dengan rasa syukur, Retno mengatakan bahwa ini merupakan salah satu tahap bagi dirinya yang telah menjadi asesor sejak tahun 2015 di BAN-PT. Kepada tim Humas UNAS, Rabu (1/12/2021), Retno juga mengutarakan harapannya agar dapat bekerja dengan sebaik-baiknya.

“ Saya berharap bahwa saya dapat bekerjasama dengan sebaik-baiknya. Baik dengan seluruh anggota MA BAN-PT maupun Dewan Eksekutif BAN-PT beserta seluruh staf yang ada. Dan saya juga dapat berkomunikasi dengan baik, dan bekerjasama dengan seluruh pihak atau stakeholder yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan akreditasi di program studi dan perguruan tinggi diseluruh Indonesia, ” harap Retno. (*ARS)

Berita Terbaru
Chat with Us!