Rektor Unas Lepas Lima Mahasiswa Agroteknologi Magang ke Jepang

Kelima mahasiswa tersebut ialah Dina Ayurrahma, Putri Nabila Surya, Nicki Agustin, Mufida Herawati, serta Afifah Yuliansyah.

 

Jakarta (Unas) – Rektor Universitas Nasional (Unas) Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. melepas lima mahasiswa Program Studi Agroteknologi Fakultas Biologi dan Pertanian (FBP) Universitas Nasional (Unas) yang akan mengikuti program magang ke Jepang, di Ruang Rektor, Selasa (27/06). Para mahasiswa tersebut akan berangkat pada 30 Juni 2023 dan mengikuti program magang selama enam bulan.

Dalam kesempatan ini, Rektor menyampaikan apresiasinya serta beberapa pesan bagi mahasiswa selama mengikuti program magang tersebut. “Selamat kepada mahasiswa terpilih yang akan berangkat ke Jepang. Gunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk mencari ilmu,” katanya.

Rektor berharap, usai mengikuti program magang ini, para mahasiswa kembali ke Indonesia dengan membawa ilmu yang dapat diimplemetasikan untuk membuat lahan bisnis dan memajukan pertanian Indonesia. “Selamat belajar dan bekerja, utamakan disiplin dan kerja keras, serta jagalah nama baik almamater Unas di luar sana,” lanjut El Amry.

Menanggapi hal ini, Dekan FBP Unas Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si., menuturkan, sertifikat dari program magang ini dapat bermanfaat untuk melengkapi poin dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) bagi mahasiswa. Selain itu, mengirim ke luar negeri juga bisa menambah poin akreditasi bagi program studi.

“Semoga program ini bisa terus berlanjut dan kami bisa mengirimkan lebih banyak lagi setiap tahunnya,” kata Tatang. Ia juga berpesan kepada mahasiswa untuk terus memperdalam bahasa Jepang sebagai alat komunikasi sehari-hari nantinya.

Hadir dalam pertemuan ini, Ketua Program Studi Agroteknologi FBP Unas, Ir. Etty Hesthiati, M.Si., menyampaikan bahwa kelima peserta  itu telah diterima magang di Kamaya Prefecture, Jepang untuk bidang Pertanian Hidroponik.

Baca Juga :   Pelepasan Mahasiswa Lulusan Fakultas Biologi UNAS

“Prodi Agroteknologi juga punya matakuliah yang berkaitan dengan bidang magang tersebut, sehingga diharapkan para mahasiswa sudah memiliki bekal sebelum terjun ke lahan,” jelasnya. Etty juga berpesan kepada para mahasiswa untuk bisa bekerja dengan penuh tanggung jawab, berperilaku baik, serta banyak membaca.

Pada hari yang sama, Kantor Kerjasama Internasional (KKI) Unas telah memberikan pembekalan, serta monitoring dan evaluasi kepada lima mahasiswa tersebut. “Kami berharap program ini dapat terus berjalan kedepannya dan berkembang setiap semesternya, sehingga Unas bisa terus mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti magang di luar negeri,” imbuh Kepala Divisi Kerjasama Luar Negeri KKI Unas, Dra. M.A. Inez Sapteno.

Pembekalan ini juga turut diisi dengan presentasi mengenai tata etika hidup di Jepang oleh Dosen Program Studi Sastra Jepang Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Unas, Dr. Tetet Sulastri, M.Si. Ia menjelaskan mengenai aspek kehidupan sehari-hari, etiket sosial dan disiplin, kebersihan lingkungan, transportasi, makanan, kehidupan perkotaan, dan yang lainnya.

Adapun kelima mahasiswa yang akan mengikuti program magang ini ialah Dina Ayurrahma, Putri Nabila Surya, Nicki Agustin, Mufida Herawati, serta Afifah Yuliansyah. Dalam wawancaranya dengan Humas Unas, Dina menuturkan bahwa sebelumnya para mahasiswa telah melalui proses seleksi berkas dan interview oleh perusahaa Enjin, Co. Ltd, dan dilanjutkan dengan perusahaan tempatnya akan bekerja, Kamaya Prefecture.

“Setelah dinyatakan lulus, kami langsung mempersiapkan diri mulai dari pemberkasan, belajar bahasa Jepang selama beberapa bulan, serta terakhir pengarahan sebelum berangkat. Semoga magang ini bisa berjalan dengan lancar dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan,” pungkasnya. (NIS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!